Upacara Selamatan Mobil Ferrari Tucuxi “Tukusi”

1 55
Menteri BUMN Dahlan Iskan berbaju putih mengenakan blangkon saat tiba di Kantor Radar Solo (Jawa Pos Group) | Foto Labib Zamani
Menteri BUMN Dahlan Iskan berbaju putih mengenakan blangkon saat tiba di Kantor Radar Solo (Jawa Pos Group) | Foto Labib Zamani

infowonogiri.com – SOLO – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, melakukan upacara selamatan terhadap mobil listriknya yang diberi nama “Ferrari” Tucuxi (Tukusi) di halaman Kantor Radar Solo (Jawa Pos Group) Jl Kebangkitan Nasional No 37 Solo, Sabtu (5/1/2013).

Upacara selamatan yang disebut Murwa Kala itu dilakukan agar mobil Tucuxi miliknya itu terhindar dari segala bahaya, bala, dan fitnah dari mana pun. “Saya ini kan melewati kotanya Pak Manteb (Solo). Jadi biar tidak kuwalat saya minta Pak Manteb untuk meruwat mobil ini dulu,” kata Dahlan dalam sambutannya di halaman Kantor Radar Solo (Jawa Pos Group), Sabtu.

Sebelum diruwat oleh dalang kondang asal Kota Solo Ki Manteb Sudarsono, mobil listrik seharga 1,5 miliar itu  telah menempuh jarak 1,5 jam dari Yogyakarta dan tiba di Solo sekitar pukul 09.30 WIB dengan menyusuri Jalan Slamet Riyadi.

Kerena bentuknya yang unik mobil berwarna merah cerah itu pun menarik perhatian warga sekitar dan warga yang penasaran pun menggunakan kesempatan untuk berfoto bersama mobil mewah itu.

Kemudian tepat pada pukul 13.11 WIB, dilakukan upacara ruwatan yang dilakukan oleh Ki Manteb Sudarsono dengan menggunakan air dari empat sumber yang diambil dari empat penjuru mata angin di Solo.

“Ruwatan ini didasari oleh hitungan tahun Saka yang sangat pas untuk meruwat Kolo. Dalam ajaran Jawa, Bethara Kolo adalah pangeran kegelapan yang selalu membawa nasib buruk atau kejahatan,” kata Ki Manteb Sudarsono saat melakukan ruwatan.

Selesai Murwa Kolo, Dahlan Iskan mengendarai mobilnya menuju Surabaya dengan melewati Tawangmangu yang berketinggian 1.300 meter. Setelah itu menuju kota kelahirannya, Magetan, Jawa Timur dan terakhir dilanjutkan ke Surabaya.

Sebelumnya, secara resmi Menteri BUMN itu juga telah merilis mobil Tuxuci di gelora Bung Karno, Jakarta pada 22 Desember lalu. Mobil kupe 2 penumpang ini di desain Danet Suryatman, putra Indonesia yang oernah bekerja di perusahaan otomotif Chrysler, Amerika.

Dengan baterai penuh mobil ber plat nomer DI 19 ini bisa berjalan sampai 400 km atau 4 jam. Sedang pengisian membutuhkan waktu 5-6 jam. Mobil Tucuxi ini dikerjakan oleh rumah modifikasi Kupu-Kupu Malam Yogyakarta.[bib]

error: Content is protected !!