Sepuluh hari Tergenang ,DPRD Usul Relokasi

0 38
Warga mengungsi menghindari banjir, tampak dua orang berpakaian doreng membantu mengungsi
Warga mengungsi menghindari banjir, tampak dua orang berpakaian doreng membantu mengungsi

infowonogiri.com – PRACIMANTORO – Sebanyak tujuh rumah penduduk Dusun Gunungan Desa Wonodadi Kecamatan Pracimantoro layak untuk mendapatkan perhatian serius Pemda Wonogiri. Benuyusul bencana alam banjir yang menggenani wilayah setempat. Paling tidak solusi permanen yang diharapkan adalah relokasi ke tempat yang lebih aman dari bahaya banjir.

Pendapat tersebut dikemukakan oleh anggota DPRD dari Fraksi Partai Golkar Sugiyarto, Minggu (6/1/12). “Paling tidak ada belasan rumah penduduk di Dusun Gunungan Desa Wonodadi yang layak untuk direlokasi. Pemerintah harus punya perhatian sama penduduk setempat. Sudah sepuluh hari ini rumah merek terendam banjir,” kata Sugiyarto.

Menurutnya, Pemda Wonogiri bisa menggunakan dana alokasi hibah yang dianggarakan pada APBD 2013. Dana tersebut diperuntukkan untuk pembiayaan kegiatan bersifat darurat. Sugiyarto menyakini, penduduk lain di luar Pracimantoro tidak mmpersoalkan penggunaan anggaran dana hibah untuk relokasi warga Gunungan.

Menurut Sugiyarto, pengalokasian dana itu sesuai dengan Permendagri Nomor 3 Tahun 2012. Di pasal 23a, disebutkan Pemda harus menyiapkan dana untuk antisipasi kebutuhan darurat. “Dalam pembahasan, kami mengalokasikan dana Rp.200 juta. Itu cukup untuk biaya relokasi tujuh warga yang saat ini rumahnya terendam,” tambahnya.

Sehingga, menurut Sugiyarto, Pemkab tidak bisa beralasan keterbatasan biaya untuk merelokasi warga. Karena itu, Sugiyarto mendesak bupati untuk segera turun ke Gunungan. Dia ingin bupati memastikan keinginan warga. Jika memang warga mantap ingin relokasi, dia berharap bupati bisa menggunakan dana hibah tersebut.

Wakil rakyat yang sudah tiga kali menjabat itu juga mengusulkan agar Pemda membangun embung di bagian lain untuk menahan air agar tidak menggenangi rumah jika memang tidak dilakukan relokasi. “Tapi, kalau direlokasi, lembah itu bisa dijadikan telaga,” tandasnya.

Asal tahu sudah sepuluh hari ini, tujuh rumah warga Dusun Gunungan, Wonodadi Pracimantoro terendam air. Kali ini kali keduanya. Belasan rumah terendam hingga dua pekan lamanya. Karena itu, warga yang rumahya menjadi langganan air minta agar rumah mereka dipindahkan saja.[[email protected]]

error: Content is protected !!