RSBI Dibubarkan guru dan anak sekolah tenanglah

0 29
 H Suwanto Kabid SMP-SMA Dinas Pendidikan | Foto Bagus
H Suwanto Kabid SMP-SMA Dinas Pendidikan | Foto Bagus

infowonogiri.com -WONOGIRI – Anak anak sekolah tidak perlu risau. Para guru juga tidak perlu galau. Biarkan saja keputusan MK (mahkamah konstitusi) mengeliminasi pasal 50 ayat 3 UU Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003 tentang Rintisan Sekolah Bertaraf Intenasional (RSBI). Biarkan saja Kemendiknas bekerja untuk menindaklanjuti keputusan MK itu.

Terpenting anak anak sekolah wajib belajar, belajar dan belajar. Terpenting bagi guru tidak lupa melaksanakan tugas mulia, mengajar, mengajar dan mengajar. Itu saja. Anak anak sekolah itu perlu motivasi. Motivasinya harus kuat dari dalam diri sendiri, dan didorong dari luar dirinya. Motivasi dari luar antara lain dari guru dan orang tuanya.
Itulah pesan Kepala Bidang SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri Drs H Suwanto MHum. Berpacu dalam rangka persaingan antar sekolah tetap ada. Persaingan harus dilaksanakan dengan baik dan sportif. Bagi yang berprestasi baik mendapatkan reward adalah hal yang wajar. Karena itu bebuatlah yang terbaik. Lakukan yang terbaik.
Sebaliknya berbuat sesuatu yang tidak baik pasti mendapatkan teguran atau punishman adalah hal pasti. Kedepan tantangan sekolah, tantangan hidup semakin kompetitif. Karena itu diharapkan anak anak sekolah betul-betul mau mengerti tentang potensi dan bakat apa yang dimiliki. Cermati secara optimal. Jaga diri sendiri agar tidak terkontaminasi dengan hal yang negatif.
Untuk berbuat sesuatu yang positif dibutuhkan motivasi yang kuat. Gantungkan cita cita yang tinggi. Setinggi mungkin. Jika tidak mempunyai harapan dan cita cita berarti hidupnya tidak mempunyai motivasi dan harapan.
H Suwanto tidak hanya sekedar berkata. Suwanto punga pengalaman dan bukti. Suwanto pernah menjadi murid, guru dan Kasek. Paling mengesankan ketika dipercaya menjadi Kasek SMPN 2 Kismantoro. Saat itu SMPN 2 Kismantoro baru dibuka sebagai sekolah baru. Ia harus membuktikan amanah masyarakat.
Antara lain mempromosikan SMPN 2 Kismantoro melalui SD se Kismantoro. “Ada komitmen bersama kawan kawan guru, SMPN 2 Kimantoro harus segera bisa mengikuti sekolah-sekolah lain yang telah lama ada. Walaupun guru-guru dari Desa, kita bisa mengikutinya,” ujar pria asal Sragen yang hoby heking, naik gunung turun gunung. Wonogiri sudah dijelajahi semua.
Suwanto betempat tinggal di Bangsri 2/3 Purwantoro tiga orang anaknya dan istrinya. Istrinya asal Jatiroto dinas sebagai PNS Sekretaris Kelurahan Tegalrejo Kecamatan Purwantoro. Suwanto adalah bergelar alumni S2 Lingusitik UNS tahun 2002. Diangkat menjadi PNS tahun 1986 melalui model seleksi pertama sebagai guru di SMPN Purwantoro.

Guru dijalani  selama 10 tahun. Kemudian tahun 1996 diangkat menjadi Kasek SMPN 2 Kismatoro. Tahun 2000 dipindah menjadi Kasek SMPN 2 Purwantoro. Tahun 2003 dipercaya  sebagai Kasek SMPN 1 Purwantoro. Lalu tahun 2007 ditugaskan menjadi Kepala UPT Kecamatan Kismantoro. Tahun 2009 dimuatasi ke UPT Kecamatan Purwantoro. Tahun 2012 dipercaya sebagai Kabid SMP/SMA Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri hingga saat ini.[[email protected]]

error: Content is protected !!