Pelayanan KUA Kismantoro Diprotes Masyarakat

0 81
Jaenal Pengulu di KUA Kecamatan Kismantoro
Jaenal Pengulu di KUA Kecamatan Kismantoro

infowonogiri.com – KISMANTORO – Tidak hanya pelayanan di Kantor Urusan Agama (KUA) di Kecamatan Giritontro yang diprotes oleh masyarakat. Hal yang sama juga terjadi di KUA Kecamatan Kismantoro.

Pelayanan KUA Kismantoro diprotes oleh rombongan pengiring pengantin pria. Kekecewaan warga diluapkan dengan tulisan yang dituangkan pada kertas. Aksi coret-coret itu ditempelkan di dinding dan kaca jendela KUA setempat.

Intinya tulisan itu berisi tentang ketidakpuasan mereka terhadap pelayanan pegawai KUA. Aksi “demo” tersebut tejadi pada Kamis (3/1/13) silam. Namun nara sumber keberatan menyebutkan pasangan penganten tersebut.

Kepala KUA Kecamatan Kismantoro Safrudin dan Zaenal Arifin selaku penghulu di KUA setempat, membenarkan atas kejadian itu. Dijelaskan, saat itu rombongan mempelai pria datang ke KUA pukul 06.00 Wib.

Kantor KUA, saat itu belum dibuka. Pegawai KUA setempat baru masuk kantor pukul 07.00 Wib. Sedangkan pelayanan akad nikah (pernikahan) baru bisa dimulai 08.00 Wib.

“Itulah yang menyebabkan permasalahan muncul. Para pengiring mempelai laki-laki kecewa karena terlalu lama menunggu dimulai. Mereka meluapkan kekesalan dengan cara corat-coret,” ujar Safrudin.

Akad nikah pasangan pengantin tersebut, akhirnya bisa dilangsungkan sekira pukul 08.30 Wib di KUA Kismantoro. Atas kejadian aksi protes tersebut, orang tua mempelai telah meminta maaf kepada petugas KUA.

Safrudin menambahkan, bawha petugas KUA saat itu sedang bertugas melayani masyarakat di luar kantor. Namun kembalinya petugas KUA Kismantoro mengalami keterambatan. Dikarenakan pernikahan di luar kantor juga molor.

“Kami memang membolehkan melayani pernikahan di luar kantor, di luar jam kerja. Petugas yang kita kirim, mengalami keterlambatan kembali kantornya. Karena pelaksanaan akad nikah di luar kantor juga molor,” tambahnya.

KUA  Kismantoro terdiri dari oleh Safrudin S.Ag selaku kepala, dua orang penghulu Zainal Arifin dan Ahmad Yan Sanwani, serta dibantu dua orang staf Yanto dan Karman. Sejak awal tahun 2013, hingga Selasa (22/1/13) kemarin tercatat sudah ada 58 dari 59 pendaftar pengantin yang telah dinikahkan.[n420]

error: Content is protected !!