Kasus Pilkades Di Hearingkan

0 67
Tiga kandidat Kades Mojoreno | Foto Bagus
Tiga kandidat Kades Mojoreno | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Tiga bakal calon Kepala Desa yang gagal meraih suara terbanyak pada pelaksanaan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Mojorejo Kecamatan Sidoharjo mengadukan sejumlah permasalahan terkait pelaksanaan Pilkades yang digelar Rabu (19/12/12) silam. Mereka mengadukan ke DPRD II Wonogiri pada Senin (14/1/13) kemarin.

Kelima pemungutan suara selesai pada hari itu juga tidak ada penandatanganan berita acara pemungutan suara. Itu dianggap melanggar pasal 28 ayat 5. Sedangkan ke enam belum penandatanganan berita acara pemungutan suara langsung diadakan penghitungan suara. Itu dianggap melanggar pasal 29 ayat 1.

Selain itu secara tertulis, ketiganya mengadukan sembilan permasalahan yang terjadi selama pelaksanaan Pilkades Mojoreno. Ke sembilan masalah tersebut diajukan bersamaan dengan pengiriman surat permohonan hearing ke DPRD II Wonogiri. Surat itu diajukan pada 26 Desember 2012 lalu oleh Kasmo dan Suparmo.

Menanggapi hal itu, Radjiman dan Sutarno mempersilahkan peserta hearing menanggapinya. Sutanto meminta agar identifikasi masalah lebih jelas maka kepada pihak penggugat menyampaikan secara tertulis apa yang disampaikan pada forum terhormat itu.

Supardi sebagai Camat Sidoharjo juga mengaku bingung terhadap apa yang disampaikan oleh ketiga Balon Mojoreno. Supardi berpatokan kepada surat undangan hearing yang diterima dari wakil rakyat. Poin permasalahan yang disampaikan secara tertulis pada udanngan berbeda dengan apa yang disampaikan secara lisan pada saat hearing.

Sementara anggota Komisi A, MH Zainudin mengusulkan agar masalah ini ditampung untuk segera ditindaklanjuti. Akhirnya wakil rakyat sepakat mengusulkan agar Bupati melalui Kepala Inspektorat segera turun menindaklanjuti pengaduan dari ketiga Kades tersebut. Kasus pengaduan pelaksanaan Pilkades ini menjadi yang pertama di Wonogiri. Sebelumnya belum pernah terjadi.[bersambung] [ [email protected]]

error: Content is protected !!