Inilah 9 Tuntutan Tiga Calon Kades Mojoreno

0 38
Tiga kandidat Kades Mojoreno | Foto Bagus
Tiga kandidat Kades Mojoreno | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Tiga bakal calon Kepala Desa yang gagal meraih suara terbanyak pada pelaksanaan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Mojorejo Kecamatan Sidoharjo mengadukan sejumlah permasalahan terkait pelaksanaan Pilkades yang digelar Rabu (19/12/12) silam. Mereka mengadukan ke DPRD II Wonogiri pada Senin (14/1/13) kemarin.

Berikut ini daftar sembilan permasalahan Pilkades Mojoreno.

1)      Kartu undangan yang beredar tidak sesuai stempel.

2)      Tidak dilaksanakan sumpah panitia. Sebelum pemungutan suara dimulaui, panitia tidak memberitahukan berapa jumlah DPT (daftar pemiluh tetap) yang ada dan berapa jumlah undangan yang telah didistribusikan.

3)      Jumlah kartu suara yang akan digunakan tidak dihitung/dicocokan terlebih dahulu dengan jumlah DPT atau jumlah undangan yang telah didistribusikan.

4)      Pemilih yang meminta pendampingan masuk ke bilik secara bersamaan sehingga ada pemilih yang membutuhkan pendampingan lain tidak ditunggui oleh saksi.

5)      Setelah pemilihan suara selesai, jumlah DPT/Undangan yang hadir dari masing masing dusun tidak disebutkan.

6)      Sebelum kotak suara dihitung masing masing calon dan saksi tidak disuruh menandatangani berita acara lebih dulu dan tidak ada pencocokan jumlah kartu suara dalam kotak suara sesuai dengan DPT yang telah hadir. Tetapi langsung dihitung.

7)      Saat perhitungan suara saksi berada di samping sehingga kurang bisa mengamati kartu suara yang sedang dibaca.

8)      Tinta bukti bahwa DPT sudah melakukan pencoblosan tidak tahan lama setelahg dipakai cepat luntur.

error: Content is protected !!