Dua Warga Wonogiri Kota Terserang DB 1 Orang Meninggal Dunia

0 72
Pemakaman korban meninggal akibat DB | Foto Bagus
Pemakaman korban meninggal akibat DB | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Dua orang warga penduduk Wonogiri Kota dipastikan terserang demam berdarah (DB). Yaitu siswi SDN 3 Wonogiri, Zahra Lutfiyyah (9) warga Lingkungan Kajen RT 003/RW 010 Kelurahan Giripurwo, Wonogiri Kota, dan Damar (18) warga Lingkungan Pencil RT 02 RW 10 Kelurahan Wuryorejo, Wonogiri Kota.

Tragis dialami Zahra. Anak kedua dari dua anak pasangan Purnomo dan Agnes Wahid Purwanti itu meninggal dunia, Jumat (25/1/13) di RS PKU Muhammadiyah Selogiri. Jenasahnya dimakamkan di pemakaman umum Jurang Gempal Sanggrahan Giripurwo Wonogiri.

Siswi kelas III sempat dirawat di rumah sakit selama dua hari dua malam. Namun tidak tertolong. Purnomo menceritakan, kali pertama kondisi anaknya mengalami panas dinging. Karena itu ia memeriksakannya ke RS. Pemeriksaan awal, dokter yang menangani anaknya menyebutkan anknya terjangkit virus DB.

Namun selain DB, Zahra pernah menderita tipus. “Pemeriksaan awal dokternya menyebut DB. Selain DB, anak saya pernah menderita tifus. Hasil lab terakhir belum saya ambil, karena kondisinya seperti ini, (sibuk berkabung, red),” ujar Purnomo di halaman rumahnya, di depan kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri.

Karyawan Dinas Pendidikan ini, menceritakan, sejak anaknya mulai demam panas, ia langsung melarikannya ke RS, pada Rabu silam. Pada hari pertama, demam panasnya mulai menurun. Namun pada hari kedua, demam panasnya kembali meninggi. Kian parah. Bahkan mengalami pendarahan mengalir. Sepertinya pembuluh darannya pecah.

Sementara penderita DB yang dialami Damar warga Pencil Wuryorejo disampaikan oeh tetangganya, Slamet. Damar dilarikan ke RSUD Soediran Mangun Sumarso (SMS) Jumat (25/1/1) sekira pukul 11.00 Wib. Damar dirawat di ruang ICU RSUD SMS.

Atas meninggalnya Zahra, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri, dr Widodo membenarkan Zahra meninggal dunia karena DB. Ia mengatakan telah mengkonfirmasi perihal kematian siswa SD tersebut kepada pihak RS. Pihaknya akan segera melakukan penyelidikan epidemiologi (PE). “RS PKU sudah kita konfirmasi. Kemungkinan DB,” jelas Widodo.

Namun terhadap penderita atas nama Damar, Widodo belum berani memastikan. Jumlah penderita DB selama Januari 2013 ini, sudah ada sebanyak 12 kasus dua orang meninggal dunia (MD). Tahun sebelumnya, 2012 ada 13 kasus DB, tiga diantaranya MD. Karena itu Widodo menyarankan agar warga giat menggalakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Karena PSN-lah yang paling efektif, dari pada pengasapan (voging).[[email protected]]

error: Content is protected !!