Dewan Pendidikan Berhak Merekomendasi Calon Kepala Sekolah Ke Bupati

1 39
Wakil Ketua Dewan Pendidikan (DP) Kabupaten Wonogiri 2012-2013, Tariyo Spd Mpd| Foto Bagus
Wakil Ketua Dewan Pendidikan (DP) Kabupaten Wonogiri 2012-2013, Tariyo Spd Mpd| Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI-Serah terima pengurus Dewan Pendidikan (DP) Kabupaten Wonogiri, masa bhakti 2007-2012 ke pengurus DP masa bhakti 2012-2017, Sabtu (5/1/13) di kantor DP Wonogiri, Jl Pemuda Sanggrahan Giripurwo Wonogiri. Serah terima dihadiri oleh Ketua DP yang lama, Soejadi Bchk dan jajaran pengurusnya.

Tampak hadir pula anggota DP yang baru terpilih. DP yang baru terpilih belum terbentuk susunan kepengurusannya. Pasca serah terima kepengurusan baru dibentuk kepengurusan. Pemilihan berlangsung tertutup. Hasil rapat diketahui dapat diketahui, Ketua DP terpilih adalah Sriyono Spd MM, wakilnya Tariyo Spd MM.

Sementara susunan pengurus yang lain adalah sekretaris Joko Supriyanto Spd Mpd, wakil sekretaris Drs. S. Prihmardoyo MM, dan Bendahara Irawan SE. Sedangkan anggotanya terdiri dari Yuni Indarti SSos MM, Parno Spd SD, Cahyono Handono Adi Ssi, Drs Triyanto Heri Suryono, Drs Suparno Mpd, dan Drs Tarmo Gholik Mpd.

“Salah satu kelemahan DP tidak pernah dilibatkan rekruitmen dan roling Kasek. Kedepan harus dilibatkan,” pungkas Tariyo.

Tariyo sebelum pembentukan pengurus, kepada infowonogiri.com mengemukakan, usai pembentukan pengurus akan ditindaklanjuti dengan penyusunan program kerja. Yaitu program kerja jangka pendek, menegah dan panjang. Salah satu program hasil evaluasi, pertama  adalah mempertajam sosiaisasi DP ke masyarakat.

Wakil Ketua Dewan Pendidikan (DP) Kabupaten Wonogiri 2012-2013, Tariyo Spd Mpd | Foto Bagus
Wakil Ketua Dewan Pendidikan (DP) Kabupaten Wonogiri 2012-2013, Tariyo Spd Mpd | Foto Bagus

Selama ini, menurut Tariyo, pengurus DP lama lemah dalam sosialisasi. Indikasinya, menurut Tariyo sosialisasi belum sampai ke masyarakat lapisan terbawah. Ke depan, sosialisasi akan dilakukan per-Distrik. Di Wonogiri ada lima distrik. Masing masing Distrik terdiri dari lima Kecamatan. Kedua, keberadaan DP harus bisa dirasakan oleh masyarakat (yang menyekolahkan anak) di Wonogiri.

Ketiga; pengurus DP harus mampu menjalankan fungsi regulasi bisa berjalan baik. Fungsi DP lain adalah sebagai kontroling, sekaligus fasilitator lembaga pendidikan dengan masyarakat. DP ke depan harus tidak ada ego pribadi yang muncul. DP ke depan harus demokratis, kerja sama anggota harus dikedepankan. Sehingga terbentuk DP yang kredibel, dan tidak berjalan sendiri sendiri.

“Ini merupakan jawaban, di mana pernah terjadi pada Pengurus DP yang dulu. Nantinya apa yang keluar adalah bahasa DP, produk atas nama DP, bukan pribadi,” kata Tariyo menjelang dibentuk pengurus DP yang baru. Ke-depan, DP akan memberikan masukan berupa rekomendasi bidang pendidikan kepada Bupati Wonogiri.

Rekomendasi yang diberikan DP ke Bupati merupakan hasil rapat bersama pengurus DP. kewenangan untuk mengekskusi di lapangan. Contoh rekomendasi, misalnya rekruitmen dan pergantian Kepala Sekolah (Kasek) SD,SMP, dan SMA). “Salah satu kelemahan DP tidak pernah dilibatkan rekruitmen dan roling Kasek. Kedepan harus dilibatkan,” pungkas Tariyo.[[email protected]]

error: Content is protected !!