Bencana Alam : Tanah Bergerak di Kec. Manyaran

0 57

INFOtebing longsorWONOGIRI.COM – MANYARAN – Warga Dusun Kopen RT 1 RW 12 Desa Bero, Kecamatan Manyaran, Wonogiri dikejutkan munculnya rekahan tanah dan patahan di jalan desa setempat, Senin (7/1/13). Tanah di Dusun itu mengalami pergerakan, sehingga nyaris menimbulkan longsor.

Tukino (40), warga dusun setempat mengungkapkan, peristiwa itu diduga terjadi sekitar pukul 04.00 dini hari kemarin. Warga mendapati beberapa ruas jalan desa sudah retak-retak. Bahkan, salah satu ruas jalan patah dan terangkat setinggi 80 sentimeter.

Dua hari sebelumnya terjadi hujan deras terus menerus. “Pagi harinya tanah-tanah sudah membengkah. Bahkan, ada jalan yang sampai terangkat naik,” kata Tukino. Lokasi pergerakan tanah itu berada di lereng perbukitan dengan kemiringan yang cukup tajam.

Peristiwa seperti itu sudah kali ketiga terjadi. Tahun lalu pernah terjadi longsor, sehingga mengakibatkan satu warga meninggal. Pergerakan tanah tersebut mengancam sekitar 14 rumah di bawah bukit. Permukiman itu berada tepat di bawah lokasi pergerakan tanah. Rumah-rumah warga juga terlalu dekat dengan tebing.

Sari (47), warga setempat mengungkapkan, dia tidak mendengar suara apapun saat pergerakan tanah terjadi. “Tahu-tahu, jam 06.00 saya melihat tanahnya sudah sampai di dekat kandang,” katanya.

Dia mengaku khawatir rumahnya bakal terkena longsor. Namun, keluarganya tidak mempunyai tempat lain untuk memindahkan rumah. “Kalau ada hujan deras ya mengungsi ke rumah saudara,” lanjutnya.

Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Manyaran, Sumarno mengatakan, pihaknya telah melaporkan kondisi tersebut ke Dinas Sosial Wonogiri. Dia mengakui, pergeseran tanah itu mengancam sejumlah rumah warga di bawahnya.[[email protected]]

error: Content is protected !!