Angin Kencang, Ombak Tinggi Nelayan Libur

0 31
Pantai Paranggupito | Foto : Bagus
Pantai Paranggupito | Foto : Bagus

infowonogiri.com – PARANGGUPITO – Selama hampir sebulan ini, selama musim penghujan, nelayan di wilayah pantai Kecamatan Paranggupito Kabupaten Wonogiri meliburkan diri. Pasalnya angin di laut selatan sangat kencang, dan ombaknya cukup tinggi mencapai tiga meter. Sehingga nelayan takut. Untuk menjaga keamanan mereka lebih memilih libur melaut.

Otomatis, tangkapan ikan udang lonster dan produksi produksi rumput laut menurun drastis. “Ombak gelombang tingginya berkisar 3,5 meter. Empasan ombak maju ke daratan sampai sepanjang 60 meter di bibir pantai,” kata Kepala Dusun Petir, Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Sutono.

Para nelayan tradisional pencari rumput laut dan pemburu lobster tidak berani menjalankan profesinya itu karena cuaca buruk. “Sepekan ini nelayan libur total,” imbuhnya. Selama sepekan ini mereka tidak mempunyai penghasilan. Harga lobster dan rumput laut saat ini cukup tinggi. Lobster hijau mencapai Rp.260.000/kg. Lobster merah Rp.150.000/kg.

Sedangkan harga rumput laut jenis ranten mencapai Rp 1.400/kg. Jenis simbar mencapai Rp 5.000/kg. Termahal jenis kinjeng hingga mencapai Rp.7.000/kg. Para nelayan dan pencari rumput laut lebih memilih bertani sampai suasana laut selatan bersabahat. “Bagi yang punya lahan memilih bertani. Yang tidak ya buruh serabutan,” katanya.

Camat Paranggupito, Purwoto, menambahkan warganya yang berprofesi sebagai nelayan dan perumput laut tidak berani menjalankan perahu, meskipun perahunya baru. “Perahunya masih baru, dan sudah diuji coba. Karena kondisi gelombang sangat tinggi, nelayan tidak berani menggunakan,” katanya.[[email protected]]

error: Content is protected !!