Ubi Kayu Pengganti Ketergantungan Beras

0 59
Bibit ubi kayu yang ditanam oleh petani di Desa Saradan Kecamatan Baturetno | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Sebanyak 33 Desa di Kabupaten Wonogiri akan memperoleh program Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP), pada tahun 2013 mendatang. Sebanyak 22 desa di antaranya memperoleh dana P2KP dari APBN. Adapun 11 desa lainnya memperoleh bantuan alat dan pelatihan melalui APBD Wonogiri.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Wonogiri, Ir Safuan mengatakan, program P2KP dari APBN pusat akan menggelontorkan dana sebesar Rp.45 juta per-Desa. Dana P2KP dari kabupaten tidak dalam bentuk uang. Melainkan diberikan dalam bentuk peralatan dan pelatihan.

Pada tahun ini, ada 27 Desa yang memperoleh program tersebut. Sebanyak 20 Desa di antaranya didanai oleh APBN. Sedangkan tujuh Desa lainnya dari APBD Wonogiri. Program yang diluncurkan sejak tahun 2010 tersebut diterapkan untuk mewujudkan ketahanan pangan di desa setempat.

Selain untuk mempercepat penganekaragaman pangan, KKP Wonogiri juga berupaya agar kelompok-kelompok perajin desa setempat bisa segera memperoleh nomor izin Perusahaan Industri Rumah Tangga (PIRT). Tujuannya agar produk mereka bisa dipasarkan lebih luas, dan mampu menembus pertokoan modern.

Pemkab juga akan menggelar pelatihan pengembangan tepung (Modified Cassava Flour) atau yang sering disignkat Mocaf, dan pengolahan pangan lokal, pada tahun 2013 mendatang.

Pelatihan akan dilaksanakan di 11 tempat di Wonogiri. Tetapi, lokasinya sampai saat ini belum ditentukan. Pelatihan pengolahan pangan lokal bertujuan untuk meningkatkan keanekaragaman pangan. “Juga untuk mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap konsumsi beras dan terigu,” pungkasnya.[[email protected]]

error: Content is protected !!