Statistik Korban Tewas Akibat Lakalantas Capai 88 Orang

0 58
Kasatlantas AKP Sugiyatmo | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Jumlah korban meninggal dunia (MD) akibat peristiwa kecelakaan laulintas di Kabupaten Wonogiri telah mencapai 88 orang, dari 495 kejadian lakalantas pada tahun 2012. Kecelakaan tersebut melibatkan roda empat atau lebih, maupun roda dua. Data tersebut dikemukakan oleh Kasatlantas AKP Sugiyatmo, Rabu (5/12) di Mapolres Wonogiri.

Namun Kasatlantas yang baru menjabat sekira satu setengah bulan itu tidak membeberkan jumlah korban MD kejadian lakalantas pada tahun sebelumnya. Sementara terkait Operasi Candi Zebra tahun 2012 yang digelar sampai pertengahan Desember mendatang, menurutnya telah berjalan dengan baik.

Kasatlantas membeberkan, sampai paruh waktu operasi zebra 2012, Satlantas telah melakukan teguran tertulis sebanyak 363 kali, penilangan 244 kali, kejadian lakalantas ada 11 kali dengan korban MD 4 orang, luka berat (LB) nihil, dan luka ringan (LR) 14. Kerugian materi (Rumat) Rp.7 juta.

Dibandingkan selama 7 hari sebelum operasi zebra, telah terjadi penurunan jumlah lakalantas. Sebelumnya,. Selama sepekan terjadi 17 kejadian lakalantas, dengan jumlah korban Meninggal Dunia (MD) 5 nyawa melayang. LB 0, LR 14 orang, dan Rumat Rp.7,6 juta. Kasatlantas berharap selama operasi zebra dan seterusnya, masyarakat mematuhi peraturan lalulintas.

Tidak semua kami tilang. Misalnya seorang bapak mengendarai motor berboncengan dengan istri dan anak anaknya, itu kita tegur.  Pelanggaran terbanyak terjadi justru di dalam kota. Kami berharap dengan operasi Zebra ini depan masyarakat Wonogiri tertib lalulintas, itu demi menghindari korban jiwa dan materi,” pungkasnya.[[email protected]]

error: Content is protected !!