Peringati Hari AIDS, WPA Solo Gelar Aksi Damai

0 54
: WPA beserta elemen masyarakat Kelurahan Punggawan melakukan aksi damai turun kejalan dalam rangka memperingati Hari AIDS sedunia | Foto Labib Zamani

infowonogiri.com  – SOLO – Ratusan massa yang tergabung dalam Forum Warga Peduli Aids (WPA) Kelurahan Punggawan Solo beserta Pusat Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menggelar aksi damai dalam memperingati Hari HIV/AIDS Sedunia, Minggu (2/12/2012).

Menurut Ketua Panitia Aksi Damai, Rosa Faqih, aksi damai yang dimulai pukul 06.00 pagi di depan Kelurahan Punggawan tersebut dibuka Walikota Solo yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Budi Suharto. Ia menambahkan, aksi damai tersebut bertujuan untuk mengenalkan masyarakat tentang penyakit AIDS. Selain itu, juga menyerukan kepada masyarakat untuk tidak mengucilkan penderita HIV/Aids (ODHA).  “ODHA harus  kita berikan semangat dan pendampingan. Jangan malah kita jauhi,” kata Rosa.

Rosa menjelaskan, rute aksi damai ini dimulai dari Jl Hasanuddin menuju Jl Bungur VI kemudian masuk J Bungur I setelah itu  ke Jl Yosodipuro kembali ke Jl Bungur II kemudian masuk Jl Punggawan menuju Jl Gajah Mada dan kembali lagi ke Kelurahan Punggawan. Selama perjalanan para peserta juga membentangkan spanduk dan membagikan leaflet berisi informasi terkait bahaya HIV/Aids dan langkah pencegahannya.

Sementara itu, Sekda Kota Solo, Budi Suharto, alam sambutannya mewakili Walikota Solo, mengaku kagum melihat antusias masyarakat Solo dalam memperingati dan memberantas penyakit HIV/AIDS yang kian memprihatinkan. Budi mengatakan lonjakan penderita HIV/AIDS mengalami peningkatan yang signifikan dalam waktu satu tahun terakhir, yaitu dari 400-an kasus menjadi 800-an kasus.

“Di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Solo merupakan kota nomor 2 setelah Semarang terkait jumlah pengidap HIV/AIDS. Kami menghimbau kepada para peserta yang hadir dalam acara ini nantinya dapat menjadi agen-agen di lingkungannya untuk menyampaikan bahaya HIV/AIDS dan langkah-langkah pencegahannya,” pungkasnya.[bib]

 

error: Content is protected !!