Pasien Cuci Darah Meningkat di RSUD

0 159
Dokter Mursid menunjukan mesin cuci darah dan pasiennya | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – RSUD Dr Soediran Mangun Sumarso (SMS) Kabupaten Wonogiri berencana menambah empat mesin cuci darah (hemodialisa), tahun 2013 mendatang. Saat ini, rumah sakit tersebut telah memiliki empat mesin cuci darah.

Dokter pelaksana hemodialisa RSUD SMS Wonogiri, dr Mursid Puji Waluyo didampingi Humas, Warsito mengatakan, Hemodialisa rumah sakit itu telah beroperasi sejak setahun lalu. ” Dulu walnya ada empat pasien. Saat ini, sudah ada 16 pasien yang rutin mencuci darah. Sebenarnya masih banyak lagi pasiennya,” kata Mursid, kemarin.

Dia mengungkapkan, sebelum RSUD SMS memiliki fasilitas cuci darah, banyak pasien terpaksa dirujuk dan dirawat di RS Dr Moewardi Solo. Setelah memiliki hemodialisa, keempat mesin tersebut telah bekerja dua shift per hari, yakni pagi dan siang. Adapun tenaga yang mengoperasikan ada dua dokter dan lima perawat.

Sebenarnya, biaya cuci darah tergolong mahal. Seorang pasien harus mengeluarkan biaya Rp 625.000 setiap cuci darah. Namun, rumah sakit tersebut bisa melayani pasien Jamkesmas dan Jamkesda.

Pasien yang mengantongi kartu Jamkesmas mendapat pelayanan hemodialisa secara gratis seumur hidup. Adapun pasien Jamkesda hanya mendapat pelayanan hemodialisa gratis maksimal sepuluh kali. RSUD SMS juga mulai melayani pasien Askes tahun 2013 mendatang.

Usia pasien gagal ginjal rumah sakit itu bervariasi, mulai 16-60 tahun. Adapun pasien terlama telah menjalani terapi hemodialisa delapan tahun. “Pasien terlama itu sebelumnya pindahan dari RS Dr Moewardi,” ujarnya.[[email protected]]

error: Content is protected !!