Konsumsi Jamur Barat, Sekeluarga Opname di Puskesmas

0 72
Kantor Puskesmas Rawat Inap Baturetno | Foto Bagus

infowonogiri.com – BATURETNO – Sebanyak empat orang anggota keluarga terdiri dari ayah ibu dan dua orang anak mendapatkan musibah keracunan akibat mengkonsumsi jamur barat. Keempat anggota keluarga Wiyono berhasil diselamatkan dokter Puskesmas Rawat Inap Puskesmas Baturetno.

Pada Rabu (12/12) keempat pasien diperbolehkan kembali ke rumahnya di Dusun Mojoroto RT 03 RW 06 Desa Temon Kecamatan Baturetno. Sebelumnya Wiyono sekeluarga dirawat di ruang IGD RI Baturetno sejak sehari sebelumnya, Senin (11/12) malam, sekira pukul 20.30 Wib.

Dokter Puskesmas RI Baturetno Rawat Inap, Ndaru Mustiko Aji, mengemukakan, keempat pasien adalah bernama Wiyono (40), Sulastri (38), Meliana Utami (12) dan Aji Pramono (9).  Ketiganya datang dalam keadaan lemas. Berdasarkan diagnosa awal, pasien menderita sakit pusing mual-mual dan muntah.

“Penyebabnya, keempat orang itu mengalami keracunan usai mengkonsumsi jamur jenis jamur,” kata dokter setelah pasien menceritakan kepada dokter yang menanganinya. “Menurut istilah di masyarakat itu namanya Jamur Barat yang tumbuh di pekarangan, terutama saat musim hujan seperti ini,” tutur Dokter.

Menurutnya kondisi keempat pasien tidak dalam keadaan kritis, karena langsung ditangani secara medis. Dampak keracunan jamur itu hanya bersifat sementara. Selang beberapa jam kemudian gejala menghilang. “Sekitar pukul 10,00 Wib pagi tadi semua kami perbolehkan pulang, ” pungkasnya.

Perawat jaga di Rawat Inap menambahkan, kejadian tersebut bukan kali pertama. Sebelumnya, sekitar sebulan silam pernah terjadi pasien dirawat di puskesmas setempat akibat keracunan jamur barat. Juga dialami oleh tiga orang anggota sekeluarga. Mereka warga penduduk kecamatan Baturetno.[[email protected]]

 

error: Content is protected !!