Dubes Jepang Resmikan PSJ UNS Solo

0 78
Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Jepang, Toshinori Katori membubuhkan tandatangan Kerjasama dengan UNS di KSPH Solo | Foto Labib

infowonogiri.com – SOLO – Pusat Studi Jepang (PSJ) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNS Solo telah diresmikan Duta Besar (Dubes) Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Jepang di Indonesia, Yoshinori Katori, Kamis (13/12/2012).

Menurutnya, pendirian  PSJ tersebut merupakan hasil kerjasama dari Kokushikan University. Ia juga mengatakan latar belakang pendirian PSJ tersebut karena banyak alumni mahasiswa Jepang yang melanjutkan studinya di UNS maupun sebaliknya. “Pihak kedutaan mendukung penuh adanya pendirian PSJ di UNS maupun di Perguruan Tinggi (PT) lainnya di Indonesia,” katanya kepada wartawan di Kusuma Sajid Prince Hotel (KSPH) Solo, Kamis.

Ia menambahkan, ada sejumlah universitas di Indonesia yang mendalami bahasa dan kebudayaan Jepang, serta memiliki alumni dari Jepang. Di antaranya yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Syiah Kuala Aceh,  Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar, dan Universitas Darma Persada. “Saya tidak yakin apakah universitas-universitas di Indonesia menggunakan nama untuk PSJ ini,” lanjutnya.

Saat ditanya terkait Pusat Studi Indonesia di Jepang sendiri, ia merasa kurang merasa yakin ada berapa jumlahnya. Diakuinya ada sejumlah universitas di Jepang yang juga mempelajari bahasa dan kebudayaan Indonesia, misalnya Kokushikan University.

Sementara itu, rektor UNS Solo, Prof Dr Ravik Karsidi MS, mengungkapkan ada sekitar 27 orang dosen yang merupakan alumni dari Jepang yang diharapkan juga turut membesarkan PSJ yang baru saja dibentuk ini. Ia mengatakan saat ini UNS juga memiliki program kursus bahasa dan budaya yang diperuntukkan bagi mahasiswa Jepang yang ingin belajar di Solo. “Untuk mahasiswa Jepang yang melanjutkan studi di UNS baru ada 10 orang dan masuk dalam program kursus bahasa dan budaya selama 6 bulan,” kata Ravik.[bib]

error: Content is protected !!