Banser dan Polisi Amankan Pelaksanaan Misa Natal

1 45
Gereja Yohanes Rasul Wonogiri Kota akan dijaga ketat oleh Banser dan Polisi | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Sekitar ratusan pasukan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Wonogiri akan diturunkan untuk mengamankan pelaksanaan misa Natal di sejumlah gereja di Wonogiri Kota dan beberapa Kecamatan.

Banser bertujuan ingin membantu pelaksanaan ibadah agama kaum salibis berjalan aman dan terkendali, sehingga suasana Wonogiri kondusif. Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua Pengurus Cabang (PC) NU Kabupaten Wonogiri, Mubarok Senin (24/12) kemarin.

Perintah NU Pusat Banser amankan gereja–gereja.

Mubarok tidak mau terjebak dengan halal atau harap seperti yang difatwakan oleh Majlis Ulama Indonesia (MUI). “Penempatan Banser di gereja-gereja untuk mengamankan dan melancarkan perayaan Natal di Wonogiri. Ini instruksi dari NU pusat,” ujar Barok.

Mubarok menjelaskan, pihaknya tidak akan memperdebatkan akidah masing masing agama dan atau aliran agama. Pihaknya hanya berpikir sederhana. Yaiatu berkaitan dengan kerukunan, kebersamaan dan saling menghormati agar agama.

Selama ini memang selalu berjuang untuk kebersamaan dan keberagaman. Karena itu ia merasa Banser merasa terpanggil untuk membantu mengamankan pelaksanaan ibadah agama lain. Ia berharap ormas yang lain mempunyai semangat yang sama.

Pengamanan oleh Banser atas agama lain bukan kali pertama dilakukan. Sudah pernah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Selain itu, agama lain, juga sangat menghormati agama islam. Kerja sama lintas agama sudah biasa dilakukan Banser.

Misalnya perayaan hari raya idul fitri 2012 lalu, umat Nasrani di Wonogiri rela memundurkan jadwal Misa demi memberikan kesempatan pada kaum Muslim yang menjalankan Shalad Ied di Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri. [[email protected]]

error: Content is protected !!