Warga Pracimantoro Antisipasi Banjir Dari Luweng – Sungai Bawah Tanah

0 68
Suasana banjir di wilayah Desa Wonodari Pracimantoro | Foto Bagus

infowonogiri.com – PRACIMANTORO – Peristiwa banjir pertengahan awal Maret 2012 lalu di Dusun Gunungan Desa Wonodari Kecamatan Pracimantoro menjadi pelajaran berharga bagi warga masyarakat setempat. Warga setempat, pada musim hujan akhir tahun ini tidak ingin terjadi banjir di wilayahnya.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi banjir kembali, kini tengah diperbaiki dan dibangun bibir luweng (sungai bawah tanah) di wilayah setempat. Antara lain dengan memagari dinding dan bibir luweng, dengan tujuan untuk menyaring (memagari) agar sampah dari rumah tangga dan pekarangan tidak masuk ke dalam luweng.

“Perbaikan dan perawatan luweng dari uang rakyat melalui tanggap darurat APBD Wonogiri senilai sekira Rp 40 juta. Dikerjakan oleh Dinas PESDM (Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral),” kata Camat Pracimantoro, Bhawarto .

Selain perbaikan luweng, juga dilakukan pembuatan mulut lubang yang baru sebagai tempat masuknya air. Sedangkan mulut Luweng yang aslinya tetap dibiarkan terbuka. Permukaan tanah digali sedalam 5 meter dengan lebar 4×4 meter. Sehingga lubangnya menembus ke rongga bagian dalam luweng tersebut.

Lubang tembus itu dibuat agar aliran air bisa langsung masuk ke rongga dalam luweng. Dinding lubang juga ditembok agar tanahnya tidak mudah longsor menyumbat luweng. Saluran yang menuju luweng juga dipasangi saringan agar sampah tidak masuk ke dalam luweng.

Menurutnya, banjir yang melanda dusun tersebut, Maret lalu disebabkan sumbatan sampah pertanian. “Dulu karena panen pas musim hujan. Damen (batang padi) yang ditumpuk hanyut karena hujan deras. Akhirnya masuk ke luweng sampai tersumbat,” katanya.

Di wilayah Dusun Wonodadi masih banyak luweng lain yang berpotensi tersumbat. Terlebih, pada musim penghujan sampah dedaunan maupun sisa panen petani mudah hanyut oleh arus air. Bhawarto berpesan agar warga tetap menjaga luweng dan lingkungan dengan baik. Antara lain menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan.

Sekedar informasi di Dusun Gunungan Desa Wonodadi luweng adalah satu-satunya saluran air dan saluran pembuangan air yang langsung masuk ke sungai bawah tanah hingga mengalir sampai ke laut pantai Selatan, di wilayah Kecamatan Paranggupito dan sekitarnya. [[email protected]]

error: Content is protected !!