Tebing Longsor Timbun Rumah Witno

0 36

infowonogiri.com – TIRTOMOYO – Bencana tanah longsor menimbun rumah Witno (37) warga Dusun Nglorog RT 02 RW 06 Desa Hargorejo, Tirtomoyo, Jumat (23/11) kemarin. Tanah longsor mengakibatkan rumah Witno tertimbun tanah hampir 80 persen. Akibatnya Witno merugi sekira Rp. 25 juta.

Penyebab tebing longsor disebabkan karena volume hujan deras mengguyur wilayah Tirtomoyo selama enam jam. Witno mengaku sudah menyadari jika tebing di dekat rumahnya rawan longsor. Karena itu ia mengalihkan aliran air yang masuk ke rumahnya.

“Saya sudah membuat saluran air baru di tebing itu untuk mencegah agar air tidak masuk ke dalam rumah,” katanya, Sabtu (24/11) lalu. Saat itu, istri dan anak-anaknya diungsinkan. Saat itulah terjadi. Tebing di dekat rumahnya longsor dan menimbun rumah.

Tidak ada korban jiwa, namun anak sulungnya yang bekerja membuat saluran air bersama ayahnya, tertimpa papan hingga terluka, namun hanya luka ringan. Rumah Witno baru dibangun tiga pekan lalu. Witno bahkan baru menempati 10 hari ini.

Rencannya rumah berukuran 48 meter persegi itu akan dirobohkan total untuk dibangun kembali. Namun ia masih menuggu bantuan.

Petugas Taruna Siaga Bencana (Tagana) Tirtomoyo Sudarto (45) mengatakan, dia dan kawan kawan sudah bekerja bhakti membantu memberishkan lumpur dan materi longsoran. Menurutnya, wilayah Hargorejo dinilai paling rawan.

Pada tahun 2007 lalu sebanyak 67 rumah terkena longsor. Wilayah tersebut rawan longsor karena saat ini banyak tebing-tebing yang longsor dan membahayakan warga. Sudarto menambahkan kondisi tersebut sangat memungkinkan longsor susulan.[[email protected]]

error: Content is protected !!