Sekda : BUMD Harus Berikan Konstribusi Yang Signifikan

0 30

infowonogiri.com – WONOGIRI – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Wonogiri yang bergerak dalam bidang non keuangan belum mampu memberikan kontribusi yang optimal bagi Pemerintah Daerah.

Khususnya untuk setoran Pendapatan Asli Daerah (PAD), dinilai belum signifikan dibanding BUMD lain yang bergerak di sektor keuangan. Hal itu terungkap dalam seminar studi kebijakan pengembangan BUMD yang mandiri dan professional dalam rangka peningkatan PAD di Ruang Data Setda, Selasa (6/11).

“Permasalahan BUMD ini kompleks, karena di samping memiliki nilai sosial atau pelayanan umum, juga harus memiliki nilai ekonomis. Dalam artian BUMD yang ada dituntut ikut andil dalam penambahan PAD yang signifikan dengan subsidi yang diberikan,” jelas Sekretaris Daerah Drs. Budisena, MM saat membuka acara.

Menurut Sekda, pendapatan dari BUMD yang masuk PAD akan digunakan dalam pengembangan ekonomi Kabupaten. “BUMD yang sudah menyetor PAD secara signifikan ada di sektor keuangan. Sedang lainnya masih belum optimal, bahkan Pemda masih harus lebih banyak memberikan suntikan dana.”

Dua BUMD yang ada di Wonogiri yakni PD. Bengkel Surya dan PD. Percetakan Giri Tunggal dipakai sebagai objek kajian seminar yang dibawakan oleh dosen UNS sekaligus tim ahli kantor Litbang Iptek Kabupaten Wonogiri Dra. Izza Mafruah, MSi. Kedua BUMD tersebut selama ini dinilai mempunyai potensi bagus, tapi belum berkembang secara optimal. Meski begitu, dari tahun ke tahun kedua BUMD tersebut laba atas penyertaan modal mengalami kenaikan.

“PD Bengkel Surya tahun 2009 labanya Rp 462.000, tahun 2010 meningkat Rp 11.380.000. sedangkan PD. Percetakan Giri Tunggal tahun 2009 laba rp 50.175.060, naik menjadi Rp 74.169.000 di tahun 2010. Dari sini sebenarnya menunjukkan bahwa sebenarnya kedua BUMD tersebut prospektif, hanya perlu dikelola secara professional dan dikembangkan lagi,” ungkapnya.[[email protected]]

error: Content is protected !!