SD Krisak Juara Provinsi Pembiasaan Memanggil Mas dan Mba

0 68
Guru SD N 1 Krisak Selogiri

infowonogiri.com – SELOGIRI- SD Negeri 1 Krisak Selogiri Wonogiri memperoleh juara 2 tingkat Provinsi Jateng dalam Lomba Sekolah Berkarakter Bangsa. Salah satu yang menjadikannya juara karena pembiasaan siswa-siswinya dalam menyapa sesama rekan sekolah.

Kepala sekolah SDN 1 Krisak, Roheni, Kamis (22/11) mengatakan, siswanya dibiasakan menyapa rekan sesekolahan dengan budaya lokal. Yakni menyapa “Mba” untuk sesama rekan perempuan, dan “Mas” bagi sesama teman pria.

Selain pembiasaan panggilan mba dan mas itu, para guru kelas juga mengajarkan membiasakan murid murinya pada pendidikan karakter dalam mencintai tanah air dan bangsa. Seperti hormat bendera yang benar, menghormati sesama teman, kerja bakti, dan mendengarkan lagu-lagu nasional.

Para guru sekolah selain mengajarkan juga wajib meberikan keteladanan (contoh) kepada anak didiknya. Program pembentukan karakter oleh sekolah, menjadikan sekolah yang dipimpinnya menyabet runner up, setelah SD 1 Nasima Semarang, dan posisi ketiga diraih SD Al Azhar Salatiga.

Satu hal yang menarik juga ditanamkan kepada murid, yaitu semboyan untuk tidak berebut menunjukkan siapa yang benar, tapi berebut secara individual untuk menunjukkan kesalahan masing-masing.

“Dengan demikian kita menanamkan sikap selalu introspeksi atas yang terjadi dalam keseharian, sikap yang tentunya semakin langka saat ini ” pungkas Roheni.[[email protected]]

error: Content is protected !!