Sampah Ancam PLTA WGM

0 34
Pengerukan sampah dengan alat berat (becho) di aliran WGM Wonogiri | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI –  Pintu utama pembuangan air (intake) untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri dipenuhi oleh sampah-sampah. Sampah-sampah tersebut menumpuk di depan pintu waduk dan intake PLTA Wonogiri. Karena dikhawatirkan mengganggu PLTA maka Perum Jasa Tirta (PJT) mengeruknya mulai Minggu (25/11) kemarin.

Kepala Divisi Jasa Air dan Sumber Air (ASA) IV PJT I Wilayah Sungai Bengawan Solo, Winarno Susiladi mengatakan, hujan yang turun di hulu-hulu sungai telah membawa banyak sampah ke waduk. Sampah terbanyak berasal dari Sungai Keduang dan sungai Wiroko. Sampah terdiri dari bangkai, tanaman, ranting-ranting, jerami, tanaman jagung, termasuk sampah plastik (non organik) dari rumah tangga dan pasar atau pertokoan.

“Batang pohon berukuran besar juga turut hanyut ke dalam waduk. Sampah itu dikhawatirkan menyumbat intake menuju turbin PLTA,” terang Susiladi. Pihaknya telah mengerahkan eskavator untuk mengeruk sampah yang menumpuk di depan intake. Pada hari Minggu lalu, Perum Jasa Tirta telah behasil mengangkat sampah sebanyak 15 truk. Sampah tersebut dibuang ke lokasi pembuangan sampah milik PJT. Senin (26/11) kemarin berhasil membuang sampah sebanyak 20 truk. Selasa (27/11) berhasil memusnahkan sampah sebanyak 12 truk. Setiap truk mampu memuat 36 m3 sampah.

Pihak PJT terus akan mengeruk sampah sampai alur menuju intake itu benar-benar bersih. Areal tersebut harus bersih sebelum intake PLTA dibuka. Pasalnya, turbin PLTA akan terganggu jika salurannya tersumbat sampah. Sekedar Info, PLTA rencananya akan kembali beroperasi mulai 1 Desember mendatang. Selama musim kemarau lalu, turbin PLTA tidak beroperasi karena intake ditutup. “Kalau masih banyak sampah ya dibersihkan dulu sampai bersih,” tambanya.

Sementara pembersihan sampah dengan cara penyelaman ke dasar waduk belum bisa dilakukan. Sebab, tinggi permukaan air (elevasi) belum mencukupi. Saat ini masih berkisar 128,43 meter dari permukaan laut (dpl). Untuk menyelam dibutuhkan elevasi minimal 134 meter dpl.[[email protected]]
error: Content is protected !!