Puluhan PKL Direlokasi

0 33
Pujo Wiyono Ketua PKL Wonogiri Kota

infowonogiri.com – WONOGIRI-Puluhan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan pada malam hari di empat wilayah yaitu di Jl Dr Cipto, Jl Sudirman, Jl Ir Sutami dan Jl A Yani akan dipindahkan ke depan pasar Wonogiri dan terminal Angkuta. Sedangkan PKL yang berjualan pada malam hari di wilayah Jl RM Said, Jl Gatot Subroto dan Jl Ahmad Yani dipindahkan ke depan stadion Pringgondani Wonokarto Wonogiri.

Hal tersebut terungkap dalam rapat relokasi PKL yang berada tujuh wilayah di Wonogiri Kota, Rabu (7/11) di ruang pertemuan Kantor Dinas Perindagkop dan UMKM. Rapat tersebut dipimpin oleh Kabid Pengelolaan Pasar, Agus Supriyanto dan Kasi Penerimaan Joko Maryanto mewakili Kepala Diperindagkop dan UMKM Wonogiri.

Diungkapkan, bawha PKL di wilayah Jl Dr Cipto, Jl Sudirman, Jl Ir Sutami dan Jl A Yani akan dipindahkan ke depan pasar Wonogiri dan terminal angkuta. “Kita sediakan di depan pasar tepi atau di bahu jalan raya. Kedua, kita sediakan di sisi selatan terminal Angkuta. Soal pembagian tempat kami serahkan ke mereka sendiri,” kata Joko Maryanto mendampingi Sumardjono.

Jumlah PKL yang direlokasi ke depan pasar Wonogiri Kota dan terminal Angkuta ada sebanyak 30 PKL. Sedangkan PKL yang berjualan di tepi Jl RM Siad, Jl Gatot Subroto, dan Jl Ahmad Yani dipindah ke trotoar depan Pringgondani Wonokarto. “Di depan stadion kita sediakan ada 35 tempat. Faktanya hanya 27 PKL yang kita relokasi,” kata Sumardjono.

Sumardjono menjelaskan, bawha PKL yang direlokasi adalah PKL yang berjualan pada malam hari. Penyebabnya tempat mereka berjualan yaitu di trotoar di tepi jalan raya tersebut, sedang dibangun dalam rangka penataan kota Wonogiri. Namun demikian penempatan tersebut sifatnya tetap.

Namun setiap pedagang hanya diperkenankan berjualan membuka tempat usahanya pada malam hari saja. Yaitu mulai selepas pukul 17.00 sampai 05.00 Wib. Usai berjualan setiap PKL wajib membersihkan lokasi tersebut. “Semua tempat usahanya harus dibongkar, lokasi harus bersih dari apapun, karena bukan tempat permanen,” ujar Suamrdjono.

Sampai pukul 15.00 kemarin pihak pengurus paguyuban PKL belum memberikan keterangan soal pembagian tempat relokasi. Wandi sekertaris PKL Wonogiri Kota, mengemukaan secara umum normal dan baik, namun terdapat satu kendala. Yaitu, terjadi benturan dengan petugas parkir.

“Petugas parkir menginginkan agar PKL berjualan  setelah pukul 18.00,” ujar Wandi. Namun pihaknya belum mengkomunikasikan kendala tersebut kepada Diperindagkop dan kepada pengurus paguyuban PKL.[[email protected]]

error: Content is protected !!