Pembangunan Terminal Krisak Dibantu Rp.10,5 Miliar

0 37
Sidak Dirtjen Hubdar di terminal Krisak Selogiri Wonogiri

infowonogiri.com – SELOGIRI – Pemerintah Kabupaten Wonogiri dan Pemerintah Pusat berencana akan memberikan bantuan sebesar Rp.10,5 Juta untuk melanjutkan pembangunan terminal tipe A Krisak Selogiri Wonogiri. Dana sebesar itu akan digelontorkan pada tahun anggaran 2013 mendatang. Dana tersebut dari APBN Rp 6 miliar dan APBD Wonogiri Rp 4,5 miliar.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Wonogiri, Ige Budiyanto mengungkapkan, dengan kucuran dana tersebut, pembangunan Terminal Krisak akan selesai sekitar 85%. “Pembangunan Terminal Krisak akan dilanjutkan melalui dana APBN dan APBD Wonogiri 2013,” katanya, kemarin.

Dana APBN sebesar Rp 6 miliar itu digunakan untuk membangun tempat kedatangan (emplacement) Terminal Krisak, kanopi, landscape, PCU, area parkir menginap, gapura, dan drainase. Sedangkan dana dari APBD Rp 4,5 miliar untuk membangun mushala, kios pedagang, drainase dalam terminal, dan luncuran berupa listrik dan instalasi air.

Kios pedagang yang akan dibangun ada sebanyak 80 unit kios. Kios-kios itu diperuntukkan bagi pedagang yang sebelumnya telah berada di terminal lama. Pedagang akan dipindahkan ke terminal baru jika terminal telah beroperasi.

Dengan demikian Terminal Krisak tinggal dilengkapi dengan taman, pagar, dan saluran air. Dishub akan menerapkan konsep terminal hijau yang penuh dengan tanaman peneduh. Pagar terminal juga akan ditanami pagar hidup disertai dengan green area (area hijau), taman bermain, dan city walk.

Untuk merintis penghijauan, Dishubkominfo akan menggandeng Kodim 0728/Wonogiri, pelajar, dan masyarakat Kecamatan Selogiri. Mereka menanam bibit pohon penghijauan di terminal tersebut, hari ini. Sekitar 300 TNI, pelajar, dan masyarakat dikerahkan menanam 5.000 bibit pohon mahoni, sengon, dan jabon.

Terminal Krisak direncanakan akan mulai dioperasikan akhir 2013 mendatang. Pada 2014, terminal tersebut akan dioperasikan secara penuh. Sedangkan terminal lama tidak dipakai lagi. Tanah dan bangunan di terminal lama tersebut diserahkan kepada Bupati untuk pemanfaatannya.[[email protected]]

error: Content is protected !!