Kegagalan Pemotretan e-KTP di Bulukerto Dikonsulkan ke Pusat

0 32
Untari Kasi Pendaftaran Dipenduk Capil Wonogiri | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dipenduk) Pemda Wonogiri melalui Kasi Pendaftaran Dipenduk Capil, berjanji akan segera turun melakukan pemotretan ulang terhadap penduduk Bulukerto, Samikem yang gagal dipontret oleh operator pemotretan di Kantor Kecamatan Bulukerto.

Pemotretan ulang akan menggunakan perlengkapan yang disiapkan oleh Kantor Dipenduk Capil Kabupaten Wonogiri. Jika pemotretan ulang menggunakan perlengkapan Dipenduk Capil Kabupaten juga gagal, maka Dipenduk Capil akan mengkonsultasikan ke Dirjen Adminduk Republik Indonesia.

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Dipenduk Capil Kabupaten Wonogiri, Hernowo Narmodo melalui Kasi Pendaftaran Untari, Rabu (28/11) di kantornya. “Kita akan datang ke rumahnya untuk memotret ulang. Apakah benar alatnya atau ada masalah non teknis lainnya. Kita belum bisa menyimpulkan, kita coba dulu,” ujarnya.

Untari mengaku sudah mendapatkan laporan langsung dari Kasi Pemerintahan Kecamatan Bulukerto, juga laporan dari Sekcamnya. Namun pihaknya belum turun mendatangi rumah Samikem, warga Dusun Suko, Desa Ngaglik Kecamatan Bulukerto. Pasalnya masih banyak pekerjaan yang belum diselesaikan di kantor induk.

Sekedar info , Samikem (54) adalah warga Dusun Suko Desa Ngaglik Kecamatan Bulukerto. Samikem mengalami kegagalan pemotretan. Kegagalan terjadi berulang ulang. Penyebabnya kegagalan belum diketahui persis. Menurut petugas Kecamatan Bulukerto, kemungkinan kegagalan pemotretan disebabkan faktor teknis dan non teknis.

Faktor teknis dimungkinkan kamera pemotretan eror. Faktor non teknis, obyek pemotretan yaitu wajah Samikem mengalami sakit parah seperti terkena tumor ganas. Akibat sakitnya, wajah Samikem hilang pada seluruh hidung dan daging di sekitar hidung dan bibir atasnya. Bahkan retina dan kelompak mata Samikem sudah tidak simetris.

Sementara, Untari melaporkan, sampai Selasa (27/11) kemarin, data yang ada pada Kantor Dipenduk Capil Pemda Wonogiri, jumlah warga penduduk Wonogiri yang telah melaksanakan pemotretan masal ada sebanyak 705.585 orang. Jumlah kuota yang ditetapkan secara nasional ada sebanyak 855.129 orang.

Dengan demikian masih terdapat 17.51 persen yang belum melaksanakan pemotretan. Di sisi lain, jumlah wajib e-KTP yang ditetapkan Kabupaten Wonogiri ada sebanyak 984.258 orang. Dengan demikian baru mencapai 71,69 persen. Penyebab belum mecapai 100 persen pemotretan e-KTP dikarenakan banyak faktor. Antara lain, merantau, ganda, meninggal tetapi belum melaporkan, jompo dan mengalami cacat tubuh.[[email protected]]

error: Content is protected !!