Karakter Pemimpin Yang Baik Bukan Hanya Berfatwa

0 81
Pelantikan 17 Kades terpilih di pendopo rumah dinas Bupati Wonogiri | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI–Sebanyak 17 Kepala Desa (Kades) terpilih dilantik dan disumpah janji jabatan sebagai pemimpin, Senin (5/11) di pendopo rumah dinas Bupati Wonogiri. Ke-17 Kades terpilih tersebut, empat orang di antaranya wanita. Yaitu Tumini (Desa  Pengkol Kecamatan Jatiroto), Sukarni (Jatirejo Girimarto), Windaryanti (Sendangrejo, Baturetno), dan Marsih (Tanggulangin Jatisrono)

Bupati Wonogiri H. Danar Rahmanto menyampaikan bahwa Pilkades yang telah berlalu sudah sepantasnya disyukuri. Karena pelaksanaan berjalan baik tanpa gejolak. Suksesnyanya Pilkades menjadi barometer keberhasilan otonomi di tingkat desa.

“Sesungguhnya kita sudah niat menjadi pemimpin. Renungilah, hakekat pemimpin adalah khalifah. Tanggungjawabnya cukup besar untuk menunaikan amanat rakyat seluruh wilayah desanya,” kata Bupati.

Sebagai pemimpin harus bisa mengikuti modernisasi di segala bidang harus terjawab. Pemimpin harus bergerak cepat untuk masyarakat. Tugas utama Kades adalah melayani masyarakat administratif, pembangunan maupun kemasyarakatan. Karena itu butuh kesabaran dan konsentrasi penuh agar cita cita masyarakat yang adil dan sejahtera dapat terwujud.

Kades terpilih juga harus dapat mewujudkan visi misi dan janji yang disampaikan selama kampanye. “Karakter pemimpin yang baik bukan hanya berfatwa, tapi memberikan teladan. Seratus fatwa tidak ada bandingannya dengan satu keteladanan,” imbuh Bupati.

Asal tahu, Pilkades di Kabupaten Wonogiri digelar serentak di 17 Desa di 9 Kecamatan, Selasa (23/10) lalu. Pilkades tahap kedua dari 6 tahapan ini diikuti oleh 46 calon, terdiri dari 39 calon pria dan 7 wanita.[[email protected]]

 

error: Content is protected !!