18 Keluarga Akan Transmigrasi Ke Sultra

0 46
Dokumentasi Transmigrasi

infowonogiri.com – WONOGIRI – Sebanyak 18 keluarga transmigran asal Kabupaten Wonogiri telah selesai mengikuti Pelatihan Dasar Umum (PDU) di Semarang. Pelatihan itu merupakan bekal terakhir sebelum mereka ditransmigrasikan ke Arongo, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Wonogiri, Sri Wiyoso melalui Kabid Transmigrasi, Suwandi mengatakan, semula ada 20 keluarga yang akan diberangkatkan. Namun dua di antaranya tidak bisa ikut. Lantaran satu orang meninggal dunia, dan satu orang lagi harus merawat orang tuanya di rumah sakit.

Pelatihan di Semarang telah dijalani sejak 5 November hingga 14 November lalu. Mereka akan berangkat ke tujuan transmigrasi di Kabupaten Konawe, Sultra. “Dari Wonogiri nantinya sudah dilepas bersama keluarganya serta berbagai¬†barang-barang yang diperlukan. Setelah pelatihan itu, mereka langsung berangkat naik kapal ke Konawe,” katanya.

Selama pelatihan, calon transmigran dibekali pengetahuan mengenai kebangsaan, adat istiadat setempat, dan pengetahuan teknis pertanian. Mereka juga telah menjalani pelatihan di tingkat kabupaten. “Platihan di kabupaten bersifat teknis, seperti pelatihan budidaya pertanian. Tapi di provinsi materinya lebih bersifat umum,” imbuhnya.

Mereka para transmigran, di Konawe akan mendapat jatah tanah seluas 1,5 hektare, perumahan, jaminan hidup selama satu tahun, serta uang saku Rp.1 juta/keluarga. Tanah yang mereka tempati cukup dekat dengan ibu kota Provinsi, hanya sekitar 30 km dari Kendari.

Adapun perumahan yang dibangun sudah rapi dan berkelompok. Perumahan itu telah dihuni oleh 400 keluarga transmigran dari berbagai daerah. Rencananya, area transmigrasi tersebut akan dihuni hingga 500 keluarga transmigran. “Bukan di tengah hutan seperti jaman dulu. Perumahannya sudah bagus dan rapi,” terangnya.

Di sisi lain, masih ada 10 keluarga calon transmigran asal Wonogiri yang belum diberangkatkan. Mereka masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat untuk diberangkatkan ke Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah.[[email protected]]

 

error: Content is protected !!