Tari Kethek Ogleng Dipentaskan Pada Pembukaan TMMD 2012

0 63
Tari Kethek Ogleng Buka TMMD Ngadiroyo Nguntoronadi | Foto Bagus

infowonogiri.com – NGUNTORONADI – Tari Kethek Ogleng yang tengah diusulkan menjadi ikon pariwisata kota gaplek, Rabu (10/10) ditampilkan dalam upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Angkatan 89 Tahap II tahun 2012 di lapangan Desa Ngadiroyo Kecamatan Nguntoronadi.

Tarian rakyat Kethek Ogleng disajikan oleh tujuh anak peserta sanggar tari Setyo Budoyo pimpinan Heri Prasetyo. Bertindak selaku inspektur upacara Komandan Kodim 0728/Wonogiri Letkol Inf Murdjoko S.Sos M.Si.

Saat membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Pramono Edi Wibowo, Dandim menyatakan bahwa pelaksanaan TMMD ini serentak dilakukan di 61 Kabupaten/Kota.

Prioritasnya dilaksanakan di wilayah perbatasan, daerah rawan bencana, dan daerah tertinggal untuk menunjang kegiatan pertanian dan perekonomian guna mengentaskan kemiskinan, “Hasil TMMD harus dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat, baik program pembangunan fisik maupun non-fisik,” harapnya.

Parwoto selaku sekretaris Pasiter Kodim 0728/Wonogiri melaporkan acara TMMD ini dimulai 10 hingga 30 Oktober 2012 mendatang. Dana yang dikucurkan ada Rp.294 juta untuk melaksanakan kegiatan fisik dan non fisik selama 21 hari.

Pelaksanaan TMMD kali ini mengerahkan 142 personil. Terdiri dari TNI, Polri, unsur Pemkab, Perangkat Desa, Linmas, Ormas dan masyarakat. Diharapkan terlaksananya acara ini akan mendorong partisipasi masyarakat untuk membangun desanya.

Harapan lain, diharapkan terjalin koordinasi yang baik antara dinas instansi TNI dan Polri. Pembukaan TMMD ditandai dengan penyerahan peralatan kerja dan pemukulan kentong oleh Dandim Wonogiri. Dilanjutkan dengan penanaman pohon peneduh di sekitar lapangan oleh unsur pimpinan daerah.[[email protected]]

error: Content is protected !!