Nakperla Temukan 21 Sapi Terinfeksi Cacing Hati

0 51
Pemotongan hewan qurban di halaman masjid Al Furqon Donoharjo Wuryorejo

infowonogiri.com -WONOGIRI -Petugas Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Disnakperla) Wonogiri menggelar pemeriksaan hewan kurban, Jumat (26/10) di 25 wilayah Kecamatan se Kabupaten Wonogiri. Hasilnya ditemukan 21 ekor sapi yang terinfeksi penyakit cacing hati, dan cacing hati pada kambing ada delapan ekor. Sedangkan penyakit mata belek pada kambing ada empat ekor.

Laporan disampaikan Kepala Disnakperla Rully Pramono Retno melalui Kabid Kesehatan Hewan, Surip Surono, Jumat (26/10) usai melakukan rekap hasil sidak tim Nakperla yang dilakukan mulai Jumat pagi hingga petang se Kabupaten Wonogiri.

Di Wonogiri Kota ada 8 ekor sapi, Ngadirojo (1), Batuwarno (1), Wuryantoro (1), Bulukuerto (2). Sedangkan cacing hati pada kambing ada delapan (8) ekor. Rinciannya di Nguntoronadi (4), Slogohimo (2), Wonogiri (1), Tirtomoyo (1), Karantengah (1). Penyakit belek pada kambing ada empat ekor. Yaitu di Wonogiri (3) dan Karangtengah (1).

Petugas Nakperla langsung menyuruh agar segera memusnahkan hati yang terinfeksi penyakit cacing hati itu. Organ hati itu dilarang dikonsumsi karena membahayakan kesehatan. Akan tetapi daging dan bagian tubuh lainnya masih boleh dikonsumsi. Asalkan harus dimasak sampai matang.

Selain itu, Nakperla menyoroti proses penyembelihan hewan kurban yang kurang higienis. Misalnya pemotongan hewan kurban dilakukan tanpa alas/terpal. Sehingga rawan terkena debu/tanah dan kotoran.

Nakperla pemotongan hewan kurban harus lebih higienis. Nakperla juga membagikan famlet pedoman penyembelihan hewan kurban yang sehat dan halal.Sementara total penyembelihan hewan kurban hari pertama, 25 Kecamatan ada sapi ada 734 ekor, Kambing 2.607 ekor, domba 48 ekor.[[email protected]]

 

error: Content is protected !!