Melihat Dari Dekat Hasil Pembangunan Di Desa Wonokerto [1]

0 85

infowonogiri.com – WONOGIRI  – Wilayah Desa Wonokerto berada di wilayah Kecamatan Wonogiri Kota. Namun wilayah tersebut seperti “terasing” dari hingar bingar kesibukan kota kethek ogleng. Padahal jarak tempuh wilayah Wonogiri Kota-Wonokerto hanya sekitar  3 KM dari jantung Kota Wonogiri.

Ternyata diantara faktor yang “memisahkan” Desa Wonokerto dengan Wonogiri Kota adalah terdapat hutan lebat yang bernama Alas Kethu milik Perhutani, dan terdapat dua sungai, yaitu sungai Bengawan Solo dan Sungai Walikan.

Dua sungai tersebut kemudian tempuk (bertemu) di wilayah Dusun Timang Kulon Desa Wonokerto. Hal lain yang menjadi “jurang pemisah” adalah tidak ada sarana transpostasi umum, sejak dulu kala hingga kini, dan kerusakan infrastruktur yang parah.

Sehingga Wonokerto justru lebih dekat dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo. Sebab memang wilayah ini berbatasan langsung dengan wilayah tersebut. Namun itu dulu, dulu kala. Kini hal itu sudah tidak terjadi lagi. Kini Wonokerto tak ubahnya menjadi bagian dari Kota Wonogiri. Wonokerto kini menjadi perhatian publik. Tak ubahnya seperti gadis cantik dan molek yang masih perawan. Banyak orang  membidiknya.

Pendapat tersebut antara lain dikemukakan oleh Teguh Suprapto salah satu pemerhati lingkungan yang aktif di LSM Persepsi Wonogiri, Kamis (11/10) di ruang data Setda Wonogiri. Salah satu pihak yang tertarik adalah PT Sritex Perusahaan Tekstsil di Sukoharjo.[bersambung][[email protected]]

error: Content is protected !!