Kawanan Kera Serang Empat Kecamatan

0 45
Ilustrasi

infowonogiri.com -MANYARAN – Warga Desa Bero, Kecamatan Manyaran merasa resah dan bingung lantaran kesulitan mengusir kawanan monyet (kera) yang setiap hari turun menjajah tanaman mereka tersebut. Tidak hanya tanaman yang berada di tegalan, namun juga menyerang tanaman yang berada di pekarangan rumah. Bahkan kera telah berani masuk ke dalam rumah mencuri makanan.

Laporan invasi kawanan primata ke pemukiman Desa Bero itu dilaporkan ke Wakil Ketua DPRD Wonogiri Hamid Noor Yasin, saat reses ke Desa setempat. “Warga mengeluh karena serangan kera yang luar biasa besar pada musim kemarau ini. Tanaman di sekitar pekarangan dijarah kera. Kawanan kera juga tidak takut mencuri makanan ke dalam rumah,” katanya.

Antara lain mencuri makanan di dapur, mencuri pisang di pekarangan rumah, mangga dan buah buahan yang tumbuh di pekrangan. Karena itu, warga setempat memilih tidak bercocok tanam. “Bahkan warga harus pandai menyimpan makanan di dalam rumahnya, sebab tidak ingin makananya dicuri kera,” kata Hamid.

Aspirasi tersebut menurut Hamid, sangat penting. Karena itu pihaknya akan berusaha menyikapi dan mencari solusi yang tepat agar kera-kera gunung tak lagi turun ke kampung. Padahal sebelumnya, lanjut Hamid, warga pernah mengundang pawang dari suku Badui dan menggelar ritual. “Namun serangan kera tetap saja ada,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Desa Bero Joko Pramono menambahkan kawanan kera tersebut belum sampai menyerang manusia. Kawanan kera itu datang bergerombol mencari makanan. Setelah kenyang kawanan kera kembali ke hutan. “Mereka makan semua yang bisa diambil. Nasi yang dijemur pun dicuri. Kami juga bingung cara mengatasinya,” katanya.

Sementara itu, serangan kera tidak hanya terjadi di Desa Bero. Di Kelurahan Giriwono (Wonogiri Kota), Desa Kepatihan (Selogiri) dan Desa Selomarto (Giriwoyo) juga merupakan wilayah yang biasa diserbu kera setiap musim kemarau. Sedang Desa Sejati (Giriwoyo) biasa diserbu babi hutan saat kemarau datang. [[email protected]]

error: Content is protected !!