Karena Bersumpah Palsu Kadus Padangan Dipenjara

0 105
Sudarno Kadus Padangan (kiri) & Sunin HS terdakwa sumpah palsu | Foto Bagus

infowonogiri.com – BATURETNO – Mulai Rabu (10/10) lalu, Kepala Dusun Padangan Desa Gambiranom Kecamatan Baturetno, Sudarno (50) menghuni hotel prodeo di Rutan Wonogiri. Sudarno ditahan Kejaksaan Negeri Wonogiri karena menyampaikan kesaksian palsu atau sumpah palsu dalam sidang perceraian di Kantor Pengadilan Agama (PA) Wonogiri, 2011 lalu.

Sidang perceraian itu melibatkan penggugat pengelola Hotel Anita Wonogiri, Sumini melawan tergugat Moch Joko Subroto. Sidang perceraian tersebut telah putus pada 2011 lalu di kantor PA Wonogiri Jl Pemuda Nomor 1 Wonogiri. Meski sidang perceraian tersebut sudah ada keputusan tetap, namun ada perkara yang muncul dibelakangnya.

Yaitu, pasca persidangan Sudarno dilaporkan oleh Moch Joko Subroto ke pihak berwajib. Karena perbuatan dan atau perkataan Sudarno sebagai saksi dalam perkara itu merugikan secara matteri dan immateri. “Sudarno terbukti telah memberikan keterangan palsu saat sidang perceraian Joko-Sumini,” kata Kajari Wonogiri Muhaji melalui Kasi Pidum Andreas Yudhotomo alias Tomy.

Perceraian Pengelola Hotel Dewi Anita Makan Tumbal

Dijelaskan Tomy, Sudarno waktu itu menerangkan bahwa hubungan Joko-Sumini sudah pisah ranjang sejak tahun 1990-1996. Namun faktanya, pada tahun 1991 Joko-Sumini dikaruniai anak ketiga, buktinya akta kelahiran yang diterbitkan tahun 1991. Selain itu Sudarno menyebut Joko sering mabuk mabukan, tanpa didukung bukti.

“Alat bukti itu surat keterangan lahir dan berita acara pemeriksaan,” tandas Tomy. Sudarno tidak sendirian. Tetangganya, Senin Hadi Suwarno (64) alamat Dusun Siraman 1/3 Desa Gambiranom Baturetno juga ditahan, dengan kasus sama, sumpah palsu.

Atas perbuatannya, baik Sudarno maupun Senin Hadi Suwarno dijerat pasal 242 KUHP tentang memberikan keterangan palsu. Keduanya diancam pidana maksimal tujuh tahun penjara. Moch Joko Subroto adalah warga Dusun Siraman 1/3 Desa Gambiranom Baturetno. Sudarno warga Dusun Padangan 2/1 Gambiranom Baturetno.

Perkara ini sudah tahap dua, menunggu pelimpahan sidang di PN Wonogiri. Asal tahu Sumini adalah pengelola hotel Anita Wonogiri Kota. [[email protected]]

error: Content is protected !!