Jamaah Haji Asal Selogiri Opname di Arab Saudi

0 24
Bupati Wonogiri lepas calon jamaah haji Wonogiri | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI-Jamaah haji asal Kecamatan Selogiri, Wonogiri Supono (50) sedang menjalani rawat inap di rumah sakit di Arab Saudi. Dikarenakan menderita gagal ginjal. Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala kantor Kementrian Agama (Kemenag) Wonogiri, Safrudin melalui Plt Kasi Haji dan Umroh, Haryadi Sag, Jumat (19/10) kemarin.

” Supono menderita gagal ginjal sejak dari tanah air. Tiga hari sebelum berangkat haji, Bapak Supono masih menjalani cuci darah,” katanya. Meski demikian, Supono tetap diberangkatkan karena dinyatakan layak berangkat oleh tim dokter. Selama di tanah suci, Supono didampingi oleh tim medis. “Dokter juga sudah membawa catatan riwayat penyakit, sehingga tahu obat apa saja yang perlu dikonsumsi,” ujarnya.

Jamaah haji tersebut belum menjalani beberapa rukun haji. Salah satunya (wukuf) di padang Arafah. Untuk itu, Supono akan mendapatkan layanan Safari Wukuf. Yakni dengan cara diantar ke padang Arafah menggunakan mobil, kemudian berwukuf di dalam mobil. Setelah wukuf selesai langsung diantar kembali ke rumah sakit.

Selama sakit, Supono tetap dirawat di rumah sakit setempat dibiayai oleh panitia. Adapun kepulangannya ke tanah air dapat menumpang Kloter lain yang terbang belakangan.

Di sisi lain, sebanyak empat jamaah haji tambahan dari Wonogiri telah diberangkatkan ke embarkasi Donohudan Solo, Kamis (18/10). Kemarin, mereka telah terbang ke tanah suci bersama Kloter 89 atau biasa disebut Kloter Sapu Jagat. Dua di antaranya  jamaah haji lanjut usia yang mendapatkan prioritas.

Yaitu Supatin (77) asal Giritirto, Wonogiri Kota dan Kamiyem (75) asal Kecamatan Ngadirojo. Dua lainnya anak mereka yang mendampinginya. Kloter Sapu Jagat yang berisi 375 orang dari 29 kota/kabupaten. Rencananya, Kloter tersebut akan pulang ke tanah air 29 November mendatang.[[email protected]]

error: Content is protected !!