Tewas Terjebak Api Saat Membakar Sampah di Ladang

0 31
Korban Terbakar | Foto Bagus

infowonogiri.com – SELOGIRI – Seorang nenek, Samijem (80) meninggal dunia akibat terjebak api saat membakar sampah tanah pertanian di perbukitan, Kamis (13/9) di Dusun Ngesong/Sumber RT 1 RW 9 di Desa Pare, Kecamatan Selogiri.

Samijem adalah warga Dusun Pondok Rejosari RT 4 RW 8 Desa setempat. Sebelum terbakar, diperoleh kabar, Samijem saat itu tengah membersihkan sampah dedaunan dan ranting bambu di ladang yang digarapnya sendiri. Ladang tersebut dibersihkan karena akan digarapnya.

Samijem mulai membakar api sejak pagi hari. Sampai siang hari, api tak kunjung padam, bahkan kian membesar dan meluas. Korban berusaha melokalisir api dengan cara seadanya. Karena tidak ada jauh dari sumber air, maka Samijem memadamkannnya dengan sebilah kayu.

Namun tidak berhasil dipadamkan. Sehingga Samijem justru terkepung. “Dulu dia (Samijem) juga pernah terjebak api saat membakar sampah, dulu dia menyelamatkan. Sekarang terulangi lagi, malah tidak tertolong” kata Kapolres Wonogiri AKBP Ni Ketut Swastika SIK melalui Kapolsek Selogiri AKP H Warseno.

Salah satu saksi, Samidin (60) menceritakan, sekira pukul 09.00 Wib, ia melihat perbukitan Dusun Ngesong terbakar. Makin siang api makin membesar. Bahkan rumpun bambu turut terbakar. Saksi mengajak tetangganya untuk memadamkan api agar tidak merembet ke perkampungan warga.

Setelah api berhasil dipadamkan, sekitar pukul 10.00 Wib, diketahui ada seorang tubuh manusia tidak bernyawa. Korban belakangan diketahui bernama Samijem. “Korban ditemukan sudah dalam keadaan terbakar,” lanjutnya.

Diperkirakan, sebelum ditemukan tewas terjebak api, warga menemukan karung berisi rumput dan caping yang tergeletak di ujung bukit. “Kami menyimpulkan korban turun dari bukit, untuk melokalisir api agar tidak merembet ke atas bukit, namun malah terjebak api yang kian meluas,” tambahnya.

Jenazah korban lantas diperiksa bersama tim medis dan polisi dan segera diserahkan kepada pihak keluarga. Korban sendiri sudah janda dan hanya memiliki satu anak, itu pun hanya anak angkat. Luka bakar yang dialami korban sudah 90 persen lebih.[[email protected].com]

 

error: Content is protected !!