Sekolah Dilarang Memungut Dana Dari Walimurid

0 49
Kasek SMPN 3 Wonogiri membagikan hadiah untuk siswa berprestasi | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Peraturan Kementrian (Permen) Pendidikan dan Kebudataan (Kemendikbud) RI Nomor 44 Tahun 2012 mengatur bawha sekolah dilarang melakukan pungutan apapun terhadap murid dan atau wali murid.

Permendikbud tersebut telah diberlakukan mulai 28 Juni 2012 silam. Pemerndikbud tersebut menggantikan Permerdikbud nomor 60 tahun 2011. Karena itu pihak sekolah diminta untuk tidak melakukan pungutan.

Hal itu dikemukakan oleh Kepala Sekolah (Kasek) SMPN 3 Wonogiri, Sutopo SPd, MM Mpd, Rabu (26/9) di Gedung Giri Wahana Wonogiri usai membuka Sosialiasi Program Sekolah dan Rapat Pleno Komite SMPN 3 Wonogiri.

“Sesuai Permendikbud Nomor 44 tahun 2012, sekolah tidak boleh melakukan pungutan dari murid. Namun sekolah tidak bisa melarang pemberian bantuan dari siapapun. Termasuk pemberian dari wali murid,” ujar Sutopo didampingi Wakasek Purwanto.

Soal lain, Kasek mengingatkan agar orang tua sungguh sungguh mengawasi anaknya dalam menggunakan alat komunikasi seperti HP dan jaringan internet. Sebab jika tidak diawasi, dikhawatirkan akan menyalahgunakan teknologi komunikasi itu untuk kepentingan lain, selain pendidikan.

Sutopo membeberkan, bahwa SMPN 3 Wonogiri mempunyai dua program akademik dan non akademik. Yaitu program kelas bilingual, kelas olahraga, kelas seni budaya dan kelas reguler. Program kelas olahraga yang sudah mempunyai tiga kelas.

Sedangkan program seni budaya baru satu kelas. Sementara kelas program reguler ada 19 rombel (rombongan belajar). Jumlah siswanya ada sebanyak 607 anak. Didukung tenaga pengajar sebanyak 51 guru, dibantu sebanyak 19 orang karyawan.[[email protected]]

error: Content is protected !!