Petani Tembakau di Setren Slogohimo

0 91
Tanaman Tembakau di setren | Foto Sugiyarno

infowonogiri.com – SLOGOHIMO –  Musim kemarau  biasanuya menjadi berkah para petani tembakau di daerah setren kecamatan Slogohimo, dilain daerah lain tidak bisa memanfaatkan lahanya, tetapi di wilayah setren ini justru memberi manfaat bagi para petani berada di lereng atau   Pegunungan  Lawu sisi selatan ini.

Tapi masa panen tahun ini tidak seperti tahun tahun kemaren, banyak petani tembakau di ngrapah, setren slohohimo ini yang mengeluh, pasalnya harga tembakau yang tahun lalu bisa mencapaai 6000 per Kg saat ini menurun hingga hanya. 2000 per Kg.

Tanaman Tembakau di setren | Foto Sugiyarno

Padahal hampir 80 persen masyarakat di ngrapah,setren  menanam tembakau disaat musim kemarau tiba, pada saat masa panen tiba, hasil panenan biasanya di setorkan ke pengepul kemudian dari pengepul dikirim ke daerah temanggung dan juga boyolali,  dalam seminggu para pengepul bisa mengirimkan empat sampai lima kali kiriman .

Perlu di ketahui daerah Kabupaten Temangung sendiri adalah daerah penghasil tembakau juga, tetapi juga masih mengambil dari petani di setren, dan menurut para tengkulak yang mengambili tembakau di setren ini mengungkapkan bahwasanya tembakau di setren merupakan tembakau golongan terbaik.

Tembakau dijemur | Foto Sugiyarno

Untuk mengantisipasi harga yang rendah ini para petani juga tidak kurang akal, sebagian para petani mengolah sendiri tembakaunya ,dengan mengrajang sendiri dan kemudian di keringkan sehingga menjadi tembakau yang  siap untuk di konsumsi, dengan cara i r iharga tembakau lebih tinggi.

Harga  satu satu catok tembakau kering kisaran Rp 9000,- dengan bobot kisaran seperempat kilogram ujar saiman (50th) salah satu petani asal ngrapah setren saat di temui infowonogiri.com di rumahnya.[ ( N420]

error: Content is protected !!