Pertama di Dunia, Acara Nikah Nanggap “Senso”

2 57
Bambang Hernowo sang Penganten ( Tengah ) | Foto Bagus

infowonogiri.com – PURWANTORO – Setelah lama “ngejomblo” mandor pasar Kecamatan Purwantoro Bambang Hernowo (39) warga Nambang Bangsri Purwantoro mengakhiri masa lajangnya, Jumat (7/9) kemarin.

Pria berumur 39 tahun itu berhasil mempersunting pacar pertamanya, Ernawati Spd (30) warga Dusun Karanglo Desa Tegalrejo Kecamatan Purwantoro. Kepala Desa Bangsri Saryanto, Minggu (9/9) kemarin mengemukakan, bawha resepsi pernikahan dilaksanakan di rumah Ny Darmini, ibu kandung Bambang Hernowo. Ada yang unik pada resepsi pernikahan Bambang-Ernawati. Keunikan itu adalah, hiburan pesta pernikahannya “menanggap” dua mesin sengso, sejenis alat potong/tebang pohon atau mesin gergaji.

“Akad nikahnya sudah digelar tanggal 28 Agustus lalu, resepsinya Jumat malam Sabtu. Uniknya di sela sela resepsi pernikahnnya naggap “musik sengso ” ,” ujar Kades Bangsri Saryanto. Memang, lanjut Sasryanto, dua mesin sengso itu sengaja dibunyikan pada acara resepsi pernikahan Bambang Hernowo-Ernawati.

Sebab memang yang bersangkutan telah nadzar (berjanji kepada Allah) jika menikah akan menanggap mesin sengso digelar. Janji adalah hutang yang harus dibayar. Pas di sela sela respesi pernikahan, ada dua orang yang membawa mesin sengso. Kedua mesin sengso itu dilepas rantainya lalu dibunyikan, bersahutan. “Gayeng tenan, unik tenan baru ada kali ini,” kata Saryanto.

Sekedar informasi,  Bambang Hernowo dikalangan pedagang dan teman – temannya di pasar Purwantoro, dikenal sebagai bujang “lapuk” sudah lama ngejomblo. Karena itu, banyak yang bernazar, jika Bambang menikah kawan kawannya akan menyumbangkan musik sengso dan ada juga yang nazar menyanyikan lagu khusus kesukaaan Bambang.

Antara lain sumbangan mesin sengso dimainkan oleh tukang tambal ban “Balck” Purwantoro,  Usai menikmati alinan musik mesin sengso, para tamu undangan kemudian disuguhi pentas musik campur sari “Purwo Wilis”.[[email protected]]

error: Content is protected !!