Pemda Akan Hibahkan Rp.1 Milyar Untuk Petani Singkong

0 56
Bupati Danar Rahmanto dan Ny Danar Rahmanto menunjukan singkong jenis TJ | Foto Bagus

infowonogiri.com  – WONOGIRI-Pemda Wonogiri akan mengucurkan dana hibah dari APBD untuk peningkatan kesejahteraan petani singkong di Wonogiri. Dana sebesar itu diharapkan bisa untuk mengembangkan budidaya ubi kayu di wilayah Wonogiri.

Rencananya dana tersebut akan dikucurkan kepada 50 kelompok petani yang tersebar di 25 Kecamatan se Kabupaten Wonogiri. “Setiap kelompok akan mendapatkan dana hibah Rp.20 juta untuk budidaya ubi kayu,” harap Bupati Wonogiri H Danar Rahmanto.

Bupati, Rabu (26/9) mempimpin langsung Rapat Koordinasi Pengembangan Ubi Kayu Varietas Unggul kepada Kelompok Tani pengembang ubi kayu, Koordinator PPL se- Wonogiri dan para Camat, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

Buypati berharap. Dana sebesar itu dapat dikelola dengan baik sesuai standar yang berlaku baik dalam pemilihan bibit, pupuk dan cara pengolahannya. Sementara Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Wonogiri, Ir Guruh Santoso, MM menambahkan, bahwa Dinas telah menyediakan lahan seluas 100 hektar lahan untuk budidaya ubi kayu ini.

Lahan tersebut direncanakan sebagai dem area (lahan percobaan) untuk 50 kelompok petani di 25 kecamatan se-Kabupaten Wonogiri. Sehingga masing-masing kelompok akan mendapat lahan seluas 2 hektar.

Guruh optimis bahwa ubi kayu mampu bersaing dengan tanaman lain. Sebab upayanya didukung dengan keberhasilan Bupati Danar menanam ubi kayu jenis Timbul Jaya (TJ) yang dikembangkan di daerah Dusun Dungwinong Desa Mlokomanis Wetan Ngadirojo.

“Hasilnya cukup memuaskan. Satu pohon bisa menghasilkan 9 sampai 11 kg, bahkan bisa lebih manakala dirawat secara khusus,” terangnya. Dengan hasil ujicobanya tersebut menunjukan menanam singkong dengan serius mampu meningkatkan kesejahteraan petani.

“Tanaman ini nanti monokulture jadi jangan jadikan samben (hanya untuk mengisi waktu luang), tapi harus serius dalam mengelolanya” tegasnya. Bupati yakin 5 tahun ke depan kesejahteraan petani akan meningkat 4 sampai 5 kali lebih baik.

Terkait distribusi dan pemasaran singkong Bupati meyakinkan, bahwa pihaknya telah menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan perusahaan. Untuk motivasi petani, Bupati menjanjikan hadiah hand traktor bagi petani singkong terbaik, terbaik kedua dan ketiga mendapatkan hadiah masing masing satu ekor sapi.

Penanaman ubi kayu direncanakan akan dimulai awal musim penghujan tahun ini. Pemerintah berharap budidaya ubi kayu ini betul-betul intensif sehingga Wonogiri yang terkenal dengan gapleknya benar-benar menjadi Kabupaten produsen ubi kayu. [[email protected]]

error: Content is protected !!