Mantan TKI Kini Menjadi Bos TKI

0 412
Sugiyanto SH Kepala Cabang PT SMU Sragen | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI-Sugiyanto (42th) adalah Kepala Cabang PT Sukses Mandiri Utama (SMU) Kabupaten Sragen. Pria bergelar sarjana hukum ini, adalah warga Kabupaten Sragen. Alamatnya di Jl Raya Sukowati Barat KM 2 Gambiran RT 01 RW V nomor 50 Sine Sragen.

Meski ayah dua anak ini penduduk Sragen, namun suami dari Sumiyati ini banyak berhubungan dengan penduduk Wonogiri. Terutama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Wonogiri. Bahkan ia sering membantu warga kota Sukses.

Antara lain ia sering memberangkatkan Calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI), terutama wanita. Seperti yang dilakukannya, Sabtu (1/9) kemarin. Sebanyak 27 pelajar lulusan sekolah lanjutan di Kabupaten Wonogiri diberangkatkan ke Malayasia.

Antara lain lulusan dari SMKN 1 Wonogiri, SMKN 1 Giritontro, SMK Sultan Agung Tirtomoyo dan SMK Pancasila 6 Jatisrono. Mereka akan dipekerjakan sebagai karyawan di PT. Western Digital di Selangor Malaysia. Sebuah produsen hardisk.

Ke 27 CTKI itu akan menyusul TKI dari Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten lain yang telah berangkat terlebih dahulu ke negeri jiran. Jumlah yang diberangkatkan setiap tahun, ke Malaysia mencapai 1500 wanita pertahun.

Para wanita itu, di perkerjakan di lapangan pekerjaan formal (industri). Gaji yang diterimakan kepada TKI adalah sebesar Rp.3 juta sampai Rp.5 juta perbulan. Gaji tersebut bersih. Sebab di sana, TKI telah disediakan akomodasi transportasi dan konsumsi.

Masa kerjanya rata rata dua tahun. Jika memang tenaga tersebut potensial kontrak bisa diperpanjang lagi. Keberangkatan CTKI, kemarin, hanya dikenakan biaya sebesar Rp.750 ribu untuk membayar paspor 24 halaman. Total biaya sesungguhnya Rp.5 juta.

Namun CTKI disubsidi dari perusahaan sebesar Rp.2,5 juta. Sehingga CTKI hanya diwajibkan membayar Rp.2,5 juta. Biaya tersebutpun dapat diangsur dengan sistem potong gaji selama 10 bulan.

Pemberangkatan kemarin dari Wonogiri ke Jakarta. Di Jakarta  menginap semalam, dan dilanjutkan ke Malayasia, tampa berlama lama. Sebab sebelumnya, CTKI telah dilakukan pendidikan dan pelatihan di SMKN 1 Wonogiri.

Siapa sangka, sebelum menjadi Kepala Cabang PT Sukses Mandiri Utama (SMU) Sragen, Sugiyanto ternyata adalah mantan TKI selama empat tahun di perusahaan percetakan Johor Malaysia. Ia juga pernah menjadi kondektur bus selama 13 tahun di PO. Panorama Indah, PO Sumber Kencono dan PO Hartasanjaya.

“Saya sebagai Kepala Cabang PT Sukses Mandiri Utama (SMU) di Kabupaten Sragen baru mulai 23 Januari 2005 lalu,” katanya. Sugiyanto menyatakan selalu komitmen ingin membantu CTKI dari Kabupaten Wonogiri, Sragen, Sukoharjo dan Karangnyar dan Surakarta, dan Demak. Prinsipnya ia tidak mau mengecewakan CTKI maupun orang tuanya.

Itulah antara lain hal yang disampaikan pada saat pembekalan dan pengarahan terhadap orang tua dan CTKI. Kepala Disnakertran Kabupaten Wonogiri Sriwiyoso kemarin juga turun memberikan pembekalan. Intinya CTKI agar niat dengan mantap. Orang tuanya juga diminta turun mendoakan anaknya agar sukses dan selamat. [bagus]

error: Content is protected !!