Koperasi Serba Usaha Ngudi Rukun Purwantoro diadukan ke Bupati

0 43
Koperasi Serba Usaha Ngudi Rukun Purwantoro diadukan ke Bupati | Foto Bagus

infowonogiri.com – PURWANTORO – Kasus Koperasi Serba Usaha Ngudi Rukun (KSU-NR) Bangsri Purwantoro diadukan ke Bupati Wonogiri.

Pelapornya adalah Lembaga Perlindungan Konsumen Keadilan Nusantara Wonogiri, menyusul pengaduan perkara tersebut oleh Karno, penabung (anggota) KSU-NR setelah merasa dirugikan karena tidak bisa mengambil tabungannya dari KSU-NR. Tabungan Karno di Koperasi tersebut tercatat ada sebanyak Rp.54 juta, namun sudah dua tahun tidak bisa dicairkan. Belakangan terungkap, ternyata KSU tersebut mengalami pailit.

Penyebabnya karena pengurus koperasi tidak amanah. Sebagian tabungan anggota total sekira Rp.200 juta tidak bisa diambil. Taufik salah satu dewan penasehat koperasi tersebut, menyatakan penyebab koperasinya ppailit disebabkan banyak kreditur macet.

Joko Pranowo SH sebagai Ketua LPKSM Keadilan Nusantara mengemukakan bahwa pihaknya melaporkan kasus tersebut ke Bupati melalui Kantor Diperindag dan UMKM Kabupaten Wonogiri. Laporan ditembuskan ke Polres Wonogiri dan Kejaksaan Negeri Wonogiri.

Joko Pranowo meminta jika kasus KSU NR terdapat pelanggaran pidana, LPPKSM meminta aparat menindaklanjutinya. Joko berpendapat, Pengurus KSU melanggar UU Perlindungan Konsumen Nomor 8 tahun 1999 dan UU Koperasi Nomor 6 tahun 1992.[[email protected]]

error: Content is protected !!