KNPI Wonogiri Hidup Kembali

0 100
Pengurus DPD KNPI Kabupaten Wonogiri | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Setelah “mati suri” selama 12 tahun, kini DPD KNPI Kabupaten Wonogiri hidup kembali, menyusul kucuran dana dari APBD Kabupaten Wonogiri sebesar Rp.175 Juta. Kembali hidupnya KNPI Wonogiri juga ditandai dengan terpilihnya Ayuning Sekar Suci sebagai Ketua KNPI Kabupaten Wonogiri.

Ayuning demikian panggilannya, terpilih melalui Musyawarah Daerah (Musyawarah Daerah) DPD KNPI tahun 2010. Kepengurusanpun telah terbentuk. Secara periodek jabatan Ayuning dkk akan berakhir 2013. Nah kini, secara bertahap Ayuning baru mulai melangkah membenahi manajemen organisasinya. Antara lain, pekan kemarin, KNPI Wonogiri menggelar silaturrahmi dan syukuran.

“Alhamdulillah kita sekarang punya kesekretariatan. Kantor KNPI Wonogiri bisa menempati kantor baru KNPI di kawasan GOR Giri Mandala,” ujar Ayuning. Ruangan yang berbentuk segitiga itu memiliki luas 3x 4. Ruangan di sisi utara GOR tersebut sebelumnya ditempati sebagai kantin.

Ayuning menjelaskan, berdasarkan UU No 40 tahun 2009 tentang kepemudaan, bawha Pemerintah Daerah harus memperhatikan pemuda. Mengacu undang undang tersebut, lebih jauh Ayuning ingin menjalankan roda organiasi KNPI. Secara kelembagaan, tiga tahap yang harus dilakukan Ayuning adalah; KNPI harus mempunyai kesekretariatan, pembentukan kepengurusan tingkat kecamatan dan penguatan organisasi kepemudaan (OKP).

“Ketiga point tersebut sebagai langkah untuk penguatan organisasi. Targetnya akhir tahun ini 25 kecamatan harus terbentuk kepengurusannya. Sebab kita rencanakan akan kita lantik akhir Desember 2012,” tandas Ayuning yang juga anggota Komisi C (Membidangi Peningkatan PAD) DPRD Prov Jawa Tengah ini.

Di Kabupaten Wonogiri, menurut Ayuning terdaftar ada sebanyak 24 OKP, namun dalam Rapat kemarin baru ada 16 OKP yang masuk. Delapan OKP lain yang berlum terdaftar diharapkan segera bergabung dengan KNPI. Faktanya, menurut Ayuning, bahwa OKP-OKP di tingkat Kecamatan banyak yang mati suri juga.

Padahal, KNPI adalah wadah atau himpunan OKP dan LSM di Kabupaten maupun di tingkat Kecamatan. Komponen lain adalah Paskibra Kabupaten dan Kecamatan. “Sekarang kita kan sudah punya kesekretariatan, nantinya bisa untuk tempat berdiskusi, ada ide dan sebagai bank kreatifitas,” harapnya.

Tahun depan, KNPI Kabupaten Wonogiri berencana menggelar pelatihan kepengurusan, kesekretariatan dan kepemimpinan. Tujuannya agar sumber daya manusia KNPI berkualitas. Ada rencana menggelar kewirausahaan. “Konsepnya sedang kita diskusikan dengan HIPMI,” tambah perempuan hoby traveling ini.

Sekedar informasi, Ayuning Sekar Suci adalah anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah utusan dari PDI-P Dapil 4 Wonogiri, Karanganyar dan Sragen. Ayuning beralamat (sesuai KTP) di Wonokarto Jl A Gatot Subroto -Wonogiri . Perempuan kelahiran Jakarta 8 Oktober 1981 ini statusnya menikah, istri dari Sugeng Prihanto mantan Ketua PAC PDI-P Wonogiri. Ayuning bergelar S2 jurusan Internasional Bisnis Ekonomi dan Comunication Australia. [[email protected]]

error: Content is protected !!