Kethek Ogleng Paling Layak Sebagai Ikon Wonogiri

0 73
Kesenian Kethek Ogleng | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Kesenian tradisional Kethek Ogleng diusulkan menjadi icon (ciri khas) pengembangan pariwisata di Kabupaten Wonogiri.

Hal ini didasarkan pada hasil Analisis Hierarchy Process (AHP) oleh Tim Peneliti yang merupakan gabungan antara Kantor Litbang, Disbudparpora Kabupaten Wonogiri dan LPPM UNS Surakarta.

Paparan mengenai hasil penelitian ITU disampaikan oleh Tim Ahli dari LPPM UNS Surakarta, Dra. Rara Sugiharti pada Seminar sehari dengan tema Penyusunan Kebijakan Tentang Budaya Lokal Daerah (Identifikasi Seni Budaya Lokal Sebagai Ikon Pariwisata) di Ruang Data Setda Kabupaten Wonogiri, Senin (24/9) siang.
Hasil penelitian identifikasi terdapat 23 potensi seni pertunjukan yang ada di Kabupaten Wonogiri. “Dari 23 jenis seni pertunjukan yang teridentifikasi, terdapat 5 seni pertunjukan yang dinilai unggul dan layak untuk dikembangkan bagi kepariwisataan di Wonogiri. Antara lain Kethek Ogleng, Srandul, Badhut, Lerok dan Kucingan,” terangnya.
Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa dari kelima kesenian unggulan tadi salah satunya akan diusulkan sebagai icon ciri khas pengembangan pariwisata di Wonogiri. “Untuk sementara dapat disimpulkan bahwa kesenian Kethek Ogleng saat ini dinilai paling layak untuk dikembangkan sebagai daya tarik wisata budaya di Kabupaten Wonogiri,” ungkapnya.
Acara yang dihadiri oleh para pimpinan SKPD dan camat se-Wonogiri ini juga merekomendasikan agar Budaya Khas Wonogiren bisa masuk sebagai muatan lokal pendidikan sekolah. “Ketidakpedulian terhadap budaya sendiri menyebabkan terjadinya klaim budaya oleh negara lain.
Karena itu salah satu upaya untuk melestarikannya adalah dengan melakukan revitalisasi budaya baik dengan menjadikannya icon pariwisata atau menjadikannya sebagai materi pelajaran yang dikemas dalam Muatan Lokal (Mulok)” tegas Rara.
Sementara Asisten Sekda Bidang Administrasi Kabupaten Wonogiri, Ir Gembong Muriahadi, M.Si berharap dengan dilaksanakannya seminar ini akan muncul rekomendasi-rekomendasi untuk penyusunan kebijakan tentang budaya lokal daerah dalam upaya pelestarian kebudayaan daerah di Wonogiri.
“Seni budaya khas daerah apabila dikelola dengan baik akan dapat mendongkrak Pendapatan Asli Daerah kita,” terangnya. [[email protected]]

error: Content is protected !!