Jambore Kuaran Digelar Di Slogohimo

0 116
Jambore Kuaran Digelar Di Slogohimo | Foto Sugiyarno

infowonogiri.com – SLOGOHIMO – Upacara pembukaan Jambore Kuaran 2012, dimulai pukul 15.00 Wib, Jumat (21/9) di lapangan Bulusari Kecamatan Slogohimo. Perkemahan pramuka siswa yang diikuti oleh siswa SD dan SMP se Kecamatan Slogohimo itu rencananya akan berlangsung sampai dengan Minggu (23/9) mendatang.

Pantauan wartawan infowonogiri.com, mulai pagi sekira pukul 07.00 Wib, lapangan Bulusari sudah mulai ramai aktifitas siswa-siswi berseragam coklat coklat. Peserta jambore berdatangan dari berbagai penjuru menuju tempat tempat yang sudah disiapkan oleh panitia. Didampinggi pembinanya mereka mendirikan tenda-tenda.

Apa yang mereka lakukan seperti laiknya membangun rumah-rumah. Di sekliling tenda tenda dibuatkan taman, tempat memasak seperti dapur, dibuatkan rak sepatu, kastok tempat menyimpan topi. Ada juga yang membuat gapura dan memasangi pagar menggelilingi tendanya masing masing. Pertenda rata rata berpenghuni 12 siswa, didampinggi dua pembina.

Andri pembina pramuka Slogohimo | Foto Sugiyarno

Andri selaku panitia Jambore dan juga pembina DKR (Dewan Kerja Ranting) Slogohimo, mengemukakan, Jambore Kuaran digelar rutin setiap tahun. Biasanya dilaksanakan, pada hari Pramuka setiap bulan Agustus. Namun karena pada bulan tersebut bersamaan bulan puasa ramadhan, maka Jambore di Slogohimo baru dilaksanakan bulan September ini.

Jambore Kuadran mempunyai arti kebersamaan persaudaraan atau persahabatan. Acara ini dilakukan se kuartil ranting Slogohimo. Panitianya terdiri dari seluruh pembina ranting se Kecamatan Slogohimo. “Ketua panitia Sartono Spd. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemandirian, keterampilan dan menumbuhkan kebersamaan,” ujar Andi.

Peserta Jambore Kuandran terdiri dari 39 SD, lima SLTP se Kecamatan Slogohimo. Di bagi menjadi dua kelompok laki laki dan perempuan. Terdiri dari 96 tenda, panitia juga sudah mempersiapkan tujuh titik mandi cuci kakus (MCK), sarana air bersih, pelayanan kesehatan dari Puskesmas Slogohimo.

Pembukaan Jambore Kuandran secara resmi dibuka oleh Camat Slogohimo, Budi Susilo dan dihadiri oleh pejabat Muspika Kecamatan Slogohimo. Usai pembukaan dilanjutkan dengan karnaval mengelilingi wilayah Kecamatan Slogohimo. “Malam nanti dilaksanakan lomba antar peserta Jambore, sampai minggu besok,” katanya.[n420]

error: Content is protected !!