Inilah Ujung Tombak Petani Melon Baturetno

0 64
Imam Tenaga Harian Lepas PPL Kecamatan Baturetno | Foto Bagus

infowonogiri.com –  BATURETNO – Puluhan petani anggota Kelompok Tani “Ngudi Hasil” Desa Balaipanjang Kecamatan Baturetno, baru saja melaksanakan kegiatan panen raya buah melon kualitas ekspor, di Desa Balaipanjang Kecamatan Baturetno.

Kesuksesan para petani melon bisa panen raya, tentu karena banyak melibatkan berbagai pihak. Salah satunya adalah keterlibatan Petugas Penyuluh Pertanian (PPL) Dinas Pertanian Pangan dan Holtikultura (DPPH) Kabupaten Wonogiri. Peran THL PPL ini tidak bisa disepelekan.

DPPH Kabupaten Wonogiri mempunyai 102 PPL. PPL sebanyak itu bekerja sebagai Tenaga Harian Lepas, dengan status kontrak tahunan. Gaji PPL-THL diterimakan setiap bulan. Perbulan bagi THL lulusan SLTA digaji Rp.1,2 Juta. Lulusan D3 Rp.1,5 Juta, dan berijasah S1 Rp.2 juta.

Di sela sela panen raya melon di Desa Balaipanjang, wartawan ini berkenalan dengan salah satu anggota PPL. Dia adalah Imam. Imam adalah warga Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Wonogiri. Dia bertugas sebagai PPL di Desa Balaipanjang Kecamatan Baturetno.

Imam sudah menikah dengan Sri Wunaningsih, dan telah dikaruniai tiga orang anak. Saat panen raya melon, Imam tampak sibuk, namun dia tampak senang mendampingi Gubenur Jawa Tengah Bibit Waluyo dan rombongan yang hadir di lokasi panen raya.

Imam mengatakan sebagai PPL, tugas Imam antara lain mendampingi para petani melon di Desa Balaipanjang. Imam bekerja tidak sendirian. Dia berkerja bersama puluhan kawan kawannya.  Tugas dia dan kawan kawannya adalah memberikan penjelasan tentang tata bertani melon.

Selain mengajarkan teori menanam melon yang baik dan benar, Imam dkk juga harus memberikan contoh langsung, alias praktek menanam melon sehingga menghasilkan panen yang melimpah. Cara menyiapkan lahannya, menabur benih, merawat, memanen sampai mengemasnya. [[email protected]]

 

error: Content is protected !!