Ditemukan Harta Karun Sekantung Uang Jepang

0 101
Ditemukan Harta Karun Sekantung Uang Jepang | Foto Sugiyarno

infowonogiri.com – SLOGOHIMO – Warga Desa Gunan Kecamatan Slogohimo, menemukan barang antik berupa pecahan (koin) mata uang di sawah bulak kulon desa Gunan kec Slogohimo. Koin yang mirip dengan mata uang pemerintah Jepang itu kali pertama ditemukan oleh Kasto, pemilik sawah pada pukul 16.00 Wib Minggu (16/9) lalu.

Uang yang ditemukan jumlahnya cukup banyak, mencapai ratusan koin. Jika diamati koin tersebut berbentuk bulat, berwarna kuning kemeasan atau kuning tembaga. Di tengahnya terdapat lubang yang dikelilingi tulisan berhurup Kanji.

Ceritanya, sebelum menemukan koin tersebut, Kasto bekerja di sawah. Di perengan sawah, Kasto melihat seperti keduk, kemudian ditariknya. Ternyata keduk itu adalah pengikat koin tersebut. Setelah itu digali lebih dalam lagi, ternyata jumlah koinnya cukup banyak. Karena hari semakin gelap penggalian dihentikan.

Keesokan harinya pengalian dilanjutkan. Kali ini Kasto mengajak Purwanto, Satiatmono, dan Sarmin. Berkat dibantu kawan kawannya, Kasto berhasil mengumpulkan koin itu sekantong plastik kresek. Beratnya kurang lebih 15 kg. Saat ini barang tersebut disimpan di rumah Purwanto. “Belum mau diapakan yah,” ujarnya.

“Sebagian koin sudah saya bersihkan dengan direndam di air supaya kerak teyengnya luntur,” ujar Sarmin (35 th) warga Bulak Kulon RT 01 RW 02 Desa Gunan Kecamatan Slogohomo. Waktu kali pertama ditemukan, sebelum dibersihkan, uang koin tersebut tampak berwarna hijau karena menjamur, namun setelah dibersihkan tampak warna aslinya, perak silver dan kuning keemasan.[n420]

error: Content is protected !!