BMT Syariah Dana Bersama Bermasalah [1]

0 147
Lembaga Keuangan BMT Syariah Dana Bersama Bermasalah | Foto Bagus

infowonogiri.com – SLOGOHIMO – Satu lagi lembaga keuangan bermasalah. Adalah Koperasi Serba Usaha (KSU) Baitul Mall waTamwil (BMT) Syariah Dana Bersama yang berkedudukan di Desa Bulusari Kecamatan Slogohimo, tepatnya di sebelah barat Kantor Unit BRI di Jl Raya Slogohimo – Purwantoro KM 1.

Permasalahan BMT Dana Bersama adalah, sejak sekitar tiga bulan silam, tidak lagi ada aktifitas. Kantornya yang terletak di sisi timur Supermarket (Swalayan) Goro Slogohimo tampak selalu tertutup. Pengurus dan pengelolanya juga tidak pernah berkantor. Akibatnya, puluhan anggota dan atau nasabah yang menabung di BMT Dana Bersama kelimpungan.

Karena tidak bisa mencairkan (mengambil) uang simpananya. Seperti yang dialami oleh Sutinem (68) warga Buylusari 01/08 Slogohimo. Padahal, pedagang pakaian ini, menginvestasikan uangnya sebanyak Rp.100.000.000,-, yang didepositokan dalam dua tahap. Tahap pertama Rp.50.000.000, 02 Juli 2011, dan tahap kedua 12 September 2011.

Simpanan Investasi Berjangka (SIB) atas nama Sutinem tersebut ditandatangani oleh Endang Wirasti (bendahara), namun yang menandatangani adalah Suryati Harianja (sekretaris). Dalam perjanjiannya (akad), Sutinem berhak menerima bagi hasil Rp.1,5 persen setiap bulan.

Namun faktanya perjanjian itu diingkari. Sutinem hanya pernah menerima tiga kali bagi hasil. Itupun, yang sekali tidak penuh. Nasih serupa, dialami anggota yang lain, yang tidak tidak bisa mencairkan uangnya sendiri. Yaitu Parti warga Dusun Butuh Slogohimo yang menabung Rp.100 juta, Dwi Wardoyo warga Slogohimo Rp.20 juta, Warmanti Rp.5,2 Juta, Yarmi Rp.4,68 juta, Pariyem Rp.5,010 juta, Kardi a Rp.1,557 juta, Kardi b Rp.1,090 juta.

Mereka, para penabung resah, karena tidak dapat mencairkan dananya. Sementara pengelola dan pengurus terkesan “melarikan diri”. “Di cari di kantornya tidak ada, di cari di rumahnya, sulit ketemu, setelah ketemu hanya dijanjikan. Setelah waktunya tidak ditepati juga,” ujar Sutinem.

BMT ini di ketuai Drs.H.Rahmat Mujiono, yang saat ini menjabat sebagai dewan propinsi partai GERINDRA, sekretaris: Suryati Harianja warga waru slogohimo, selaku istri sekretaris desa waru kec Slogohimo, bendahara: Sriyudianti asal waru slogohimo wonogiri, dan beranggotakan 20 anggota yang berasal dari desa Waru dan klungen kec Slogohimo, BMT ini berdiri pada th 1999, semula berkantor di Jl raya Slogohimo purwantoro Km 2 ,desa butuh kec slogohimo.[bersambung][[email protected]]

error: Content is protected !!