Akan Gelar Shalat Minta Hujan Di Empat Tempat

1 40
Hutan Donoloyo Meranggas | Foto Bagus

infowonogiri.com – WONOGIRI – Selain telah membantu menyumbangkan air bersih untuk masyarakat yang mengalami kekeringan, Pemda Wonogiri juga berencana menggelar shalat dan doa memminta hujan (istisqo) di empat tempat di Kabupaten Wonogiri, pada Jumat mendatang (28/9).

Hal itu dilakukan karena sejumlah wilayah sudah mengalami kekurangan air cukup parah. Bahkan, sudah banyak telaga di Kecamatan Paranggupito dan Giritontro yang mengering.
Kabag Kesra Setda Wonogiri, Maryanto mengungkapkan, shalat meminta hujan tersebut akan digelar di alun-alun Wonogiri, Kecamatan Pracimantoro, Paranggupito, dan Giritontro.
Shalatnya, rencananya akan diadakan setelah shalat Jumat, besok” ujarnya. Maryanto akan berkoordinasi dengan kantor Kementrian Agama (Kemenag) Wonogiri, para camat, para kepala Kantor Urusan Agama (KUA), serta para takmir masjid di kecamatan tersebut. Adapun imam shalat akan ditugaskan dari Kemenag. “Muspida juga akan kami undang agar berpartisipasi,” imbuhnya.

Waktu shalat minta hujan dipilih pascashalat Jumat. Hal itu untuk memudahkan warga berkumpul. Pihaknya juga berencana mengundang pesantren atau panti asuhan untuk mengikutinya. Shalat minta hujan terakhir digelar sekitar tahun 1990an silam. “Waktu saya masih kecil juga pernah mengikuti shalat minta hujan,” katanya.

Dia mengungkapkan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan musim hujan akan berlangsung sekitar Desember mendatang. Jika musim hujan baru tiba bulan Desember, maka musim kemarau tahun ini tergolong paling panjang dibandingkan yang pernah terjadi.

Di sisi lain, bantuan air bersih masih terus mengalir. Bantuan itu berasal dari pemerintah maupun swasta. Hingga kemarin, tercatat Pemkab telah menyalurkan bantuan air bersih tahap I senilai Rp.15 juta. Bantuan tahap II akan kembali dilaksanakan Oktober mendatang dengan nilai yang sama, Rp 15 juta.[[email protected]]

 

error: Content is protected !!