125 Penyandang Difabel Ikuti Kegiatan

0 43
Kursi roda bantuan untuk Difabel | Foto bagus

infowonogiri.com – SELOGIRI – Sejumlah 125 penyandang disabilitas di Kecamatan Selogiri dan Wonogiri mengikuti kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) di Balai Kelurahan Kaliancar Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri, Selasa (18/9). Acara itu diselenggarakan oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Dinas Sosial, Drs.Sungkono, MM dalam laporannya mengatakan bahwa acara ini akan diselenggarakan selama 2 hari oleh Tim UPSK Provinsi Jateng yang terdiri dari gabungan instansi dan yayasan sosial. ”Kegiatannya konseling, pemeriksaan, rujukan dan bantuan sosial berupa alat bantu kursi roda, tongkat, dan alat bantu dengar,” terangnya.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jateng melalui Kabid Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Yusadar Armunanto, mengatakan pada tahun 2010 telah ditangani penyandang disabilitas sebanyak 42.706 jiwa dari total 6,665 juta jiwa. Sementara di tahun 2011 telah ditangani sebanyak 118.935 jiwa dari total 6,209 juta jiwa.

“Di tahun 2012 diluncurkan program UPSK sebagai salah satu upaya penanganan disabilitas yang dirasa efektif, Kegiatan UPSK yang dilaksanakan di daerah-daerah ternyata mendapatkan perhatian dari berbagai pihak sehingga bisa dikatakan, ini merupakan program unggulan penanganan disabilitas di Jateng” jelasnya.

Dijelaskan, selama tahun 2012 telah diselenggarakan UPSK di 10 Kabupaten. Yaitu di Kendal, Pati, Semarang, Tegal, Brebes, Purbalingga, Cilacap, Wonogiri, Sukoharjo dan Rembang. Beliau berharap kegiatan UPSK di Wonogiri dapat meringankan beban Pemkab Wonogiri dalam menangani penyandang disabilitas.

Asisten Sekda Ir.Gembong Muria Hadi mengakui bahwa setiap tahun Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) semakin meningkat. Selama tahun 2012 di Kabupaten Wonogiri jumlah PMKS ada 13.834 jiwa. Penyandang cacat merupakan salah satu dari beberapa jenis PMKS yang ada.[[email protected]]

error: Content is protected !!