Warga Pantai Nampu Siap Sambut Pemudik

0 53
Pantai Paranggupito dipotret tampak dari atas tebing | Foto Bagus

infowonogiri.com -PARANGGUPITO –  Sejumlah warga pemilik warung di tepi Pantai Nampu, Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri mulai memperbaiki warungnya, kemarin. Hal itu dilakukan untuk menyambut wisatawan di masa Lebaran mendatang. Mereka menata kembali warung-warungnya yang sempat porak-poranda diterjang ombak besar, beberapa bulan lalu.

Seperti yang dilakukan Muhtadi, warga setempat. Dia mulai memperbaiki warungnya sejak Rabu (8/8). Tidak hanya memperbaiki warung, dia juga memperkuat fondasi agar tanah di bawahnya tidak mudah tergerus ombak. “Warungnya diperbaiki untuk menyambut wisatawan Lebaran,” katanya.

Warung miliknya berupa gubuk yang berdiri di tepi pantai. Sekitar bulan Februari lalu, air pasang dan ombak besar merusak sebagian besar warung di tempat itu. Setidaknya, puluhan warung porak-poranda dan terpaksa dibongkar pemiliknya.

Hal serupa juga dilakukan Marlan, pemilik warung lainnya. Namun, dia sedikit lebih beruntung karena posisi warungnya ada di atas bukit, sehingga tidak terkena terjangan ombak besar. Pria itu hanya merenovasi warungnya agar lebih rapi. “Saya juga memperbaiki warung, bersama menantu saya,” katanya.

Sementara itu, kepala Desa Gunturharjo, Suyadi mengatatakan, warga tengah merapikan dan membersihkan lingkungan di sekitar pantai untuk menyambut libur Lebaran. Namun, warga belum mampu memperbaiki tangga masuk yang telah hancur diterjang ombak. “Sebenarnya, sudah ada wacana untuk membuat jalur setapak baru antara masyarakat dengan TNI. Tetapi untuk sementara ini belum. Hanya merapikan dan membersihkan sekitar lokasi saja,” katanya.

Selain itu, warga juga berupaya menguruk jalan menuju Pantai Nampu. Pasalnya, jalan menuju pantai tersebut banyak berlubang dan bergelombang. Tujuannya untuk meminimalisasi potensi kecelakaan. “Warga ada yang menguruk pakai tanah dan batu. Tetapi karena cuma urukan batu, jadi hilang lagi kalau dilewati kendaraan besar,” ujarnya. [[email protected]]

error: Content is protected !!