Tanaman Padi di Selogiri Mulai Panen

0 47
Puluhan petani tengah memanen padi di Desa Gemantar Kecamatan Selogiri | Foto Bagus

infowonogiri.com -SELOGIRI – Sebagian petani di wilayah Desa Kaliancar Kecamatan Selogiri mulai panen padi, sejak pekan kedua bulan puasa ini. Padi yang dipanen adalah sejenis IR 64. Saat ini harga gabah basah berkisar Rp.3,700 perkilogram. Sedangkan harga gabah kering siap giling berkisar Rp.4200.

Sejumlah petani yang ditemui di sawah menceritakan, bawha mereka tidak sedang  memanen padi miliknya sendiri. Melainkan tengah bekerja memanen padi milik petani yang telah  dijual dengan sitem borongan.

*Harga gabah Rp.3,700 perkilogram
Haryanto seorang pemborong, mengatakan ia membeli padi yang masih berada di pohon. Ia  membeli dengan sistem tebas atau borongan. Hitungannya per-baon berukuran 650 meter persegi.Dengan harga berkisar Rp.14 sampai Rp.16 juta.

Untuk membayar tenaga kerja yang memanen sawah seluas satu bahu dibutuhkan dana  Rp.1 juta. Perbahu rata rata dikerjakan oleh 15 hingga 20 orang. Dalam waktu setengah hari pekerjaan memanen satu bahu telah kelar. Padi telah dirontok menggunakan telser (perontok padi).

Sedangkan damen padi dimanfaatkan untuk pakan ternak sapi. Sebagian pemilik sapi  mengangkut damen dengan sepeda motor. Ada juga yang mengambil menggunakan mobil untuk dijual lagi kepada peternak lain. “Damen satu mobil penuh saya jual Rp.350 ribu,” ujarnya.

Haryanto mempekirakan, dengan harga jual minimal Rp.14 juta perbahu, petani masih mendapatkan untung sekitar Rp.9 juta. Sekira 5 juta untuk biaya produksi. Antara lain membayar traktor Rp.350 ribu, tandur Rp.600 ribu, matun sehàri Rp.1,2 juta, pupuk Rp.1 juta. [[email protected]]

error: Content is protected !!